Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2024, 21:44 WIB
Dinno Baskoro,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasar Senen di Jakarta dikenal sebagai pusat belanja yang cukup lengkap, termasuk jika mencari barang bekas layak pakai alias thrifting.

Khususnya area blok III, lantai 2 kerap dijuluki "surganya thrifting".

Jika cukup cermat, kamu bisa mendapatkan pakaian-pakaian bekas impor dan bermerek dengan harga miring.

"Di Pasar Senen itu ada enam blok, nah di blok III yang terkenal kalau mau beli baju bermerek, impor atau baju bekas di sini tempatnya," papar salah satu petugas keamanan di Pasar Senen kepada Kompas.com, Senin (8/1/2024).

Baca juga: 7 Tips Thrifting di Pasar Senen, Bawa Uang Tunai dan Tentukan Tujuan

Lokasi Pasar Senen juga cukup strategis karena terletak di seberang Stasiun Senen dan hanya perlu jalan kaki sekitar 7 menit untuk mencapai lokasi.

Pasar Senen blok III memiliki dua lantai yang bisa dijelajahi. Jika masuk dari arah parkiran motor atau pejalan kaki, hanya beberapa langkah saja kita sudah memasuki area basement.

Di lantai ini, ada banyak kebutuhan seperti perlengkapan hingga perabot rumah tangga yang bakal menyambut.

Beberapa pedagang ada yang menjajakan kue-kue tradisional dan camilan hingga minuman untuk sekadar mengisi tenaga sebelum thrifting.

Suasana belanja kebutuhan perabotan rumah tangga di lantai basement Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/12/2024).KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Suasana belanja kebutuhan perabotan rumah tangga di lantai basement Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/12/2024).

Naik eskalator menuju lantai dasarnya, kita akan menemukan banyak penjual jam tangan hingga kacamata yang dijual secara eceran atau grosir.

Namun, menurut beberapa pedagang yang Kompas.com wawancarai secara singkat, berbagai aksesori di lantai ini rata-rata merupakan barang baru.

"Kalau thrifting di lantai 2, di lantai dasar ini jam-jamnya kondisi baru tapi harganya juga lebih murah dari yang ada di luar (pasaran)," kata salah satu staf penjual di sebuah toko jam, Pasar Senen blok III.

Baca juga: Simak, 9 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Thrifting

Lanjut naik satu lantai lewat eskalator, kita menuju ke lantai 1 yang mana banyak terdapat gerai yang menawarkan atribut hingga bahan atau kain untuk kebutuhan anggota militer, polisi, petugas keamanan dan sejenisnya.

Sementara tempat thrifting berada di lantai dua, jadi kita harus naik satu lantai lagi menuju ke sana.

Thrifting di lantai 2 Pasar Senen, Jakarta

Koleksi fesyen thrifting di Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/1/2024).KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Koleksi fesyen thrifting di Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/1/2024).

Berdasarkan pantauan langsung Kompas.com di Pasar Senen blok III, lantai 2, banyak terdapat penjual pakaian bekas layak pakai dengan harga yang terjangkau.

Mulai dari kaos anak, orang dewasa, wanita, pria, blouse, dalaman, kemeja, jas, blazer, celana panjang, baju formal, jins, topi, kemeja flanel, dress, kaos kaki, daster, hingga jaket tersedia di area ini.

Baca juga: 7 Artis Hollywood yang Mengaku Gemar Thrifting dan Pakaian Bekas

Beberapa gerai ada yang langsung memberi label harga di setiap pakaian yang digantung, mulai dari Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 35.000 hingga Rp 100.000 untuk tiga item.

Terlihat pula pedagang yang aktif menawarkan barang dagangannya setiap ada pengunjung yang memasuki area ini dengan berteriak.

"Jaketnya kak, kemeja Rp 35.000-an," ucap salah satu pedagang dengan lantang.

Jika diamati sepintas, suasana gerai yang terlihat hanyalah berupa toko yang baju-bajunya digantung cukup rapat.

Koleksinnya pun mirip-mirip, yang membedakan hanyalah koleksinya.

Itulah sebabnya jika ke sini, kita wajib punya catatan atau tujuan belanja yang jelas agar tidak kebingungan dan buang-buang waktu untuk memilih pakaian yang dibutuhkan. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com