Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2024, 13:23 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Semua orang menginginkan senyuman yang manis dan segar. Dan itu hanya bisa didapatkan jika kamu memiliki gigi yang putih dan rapi.

Sayangnya upaya memiliki gigi yang putih dan sehat tidak sesederhana itu. Diperlukan usaha yang konsisten seperti menyikat gigi dua kali sehari, mengunjungi dokter gigi dua kali setahun, hingga memakai pemutih gigi. 

Meski begitu ada langkah sederhana yang dapat kita ambil untuk memperoleh gigi putih yang berkilau dan rahasianya ada di dapur kita: kunyit!

Ya, kunyit memiliki manfaat pemutihan gigi alami yang luar biasa. 

“Kunyit memiliki sifat abrasif,” kata Dr. Daniel S. Rubinshtein, seorang dokter gigi kosmetik yang berbasis di New York dan Miami. “Artinya bumbu ini bisa dipakai memutihkan gigi.” 

Dalam bahasa umum, pengertian abrasif biasanya bermakna negatif. Namun dalam kedokteran gigi, abrasi bisa berarti baik jika diterapkan dengan benar. Ketika suatu zat bersifat abrasif, ia mampu "mengikis enamel dan menghilangkan lapisan permukaan noda," jelas Rubinshtein.

Baca juga: 5 Cara Memutihkan Gigi dengan Mudah di Rumah

Batas konsumsi kunyit dalam sehari.iStockPhoto/AD077 Batas konsumsi kunyit dalam sehari.

Lalu bagaimana menggunakan kunyit untuk memutihkan gigi?

Kita bisa mencampurkan sedikit kunyit bubuk dengan minyak kelapa dan pasta gigi standar—untuk menyatukan bahan-bahan tersebut. Ingat, jangan menggosokkan kunyit langsung ke gigi karena bisa menyebabkan kerusakan.

Kemudian, gunakan campuran pasta ini untuk menyikat gigi dengan lembut selama sekitar dua hingga tiga menit. Perhatikan kalimat "gunakan dengan lembut", yang artinya kita tidak perlu menggosoknya terlalu keras, serta disarankan menggunakan sikat gigi yang lembut. 

“Banyak orang berpikir semakin keras mereka menyikat gigi, maka gigi mereka akan semakin bersih,” kata Rubinshtein. Tapi cara itu bisa merusak enamel. Dan kita tentunya tidak ingin merusak email, yang dapat membuat saraf sensitif di gigi terbuka;. kita hanya perlu membersihkan permukaannya. 

Setelah selesai menyikat, pastikan untuk berkumur hingga bersih. Pasalnya jika kamu tidak cukup teliti, kunyit yang warnanya oranye-kuning bisa mewarnai gigi kamu.

Lakukan ini selama tiga hari berturut-turut setiap beberapa bulan dan kamu akan mendapatkan senyuman yang lebih indah dengan gigi putih berkilau.

Sebagai catatan, ada dua hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan metode pemutihan gigi alami ini. 

Pertama: "Jika cara ini menyebabkan rasa nyeri dan sensitivitas, hentikan, dan jangan lanjutkan," kata Rubinshtein. 

Kedua: Kita tentu ingin menghindari apa pun yang dapat menyebabkan noda pada gigi. Maka untuk menjaganya, sebaiknya tidak makan atau minum apa pun yang mungkin menodai gigi putih, seperti kopi, anggur merah, soda, merokok, dan lainnya.

Baca juga: 4 Cara Manfaatkan Kunyit untuk Memutihkan Gigi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com