Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2024, 21:03 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila ingin berburu komik lawas dengan harga murah, salah satu tempat yang wajib dituju adalah Pasar Kenari, Jakarta Pusat. Lantai tiga bangunan ini telah dikenal sebagai sentra buku bekas. 

Menurut para pedagang di Pasar Kenari, komik termasuk bacaan yang paling sering dicari, utamanya oleh pengunjung remaja dan dewasa. 

Baca juga: 5 Tips Berburu Buku Bekas di Pasar Kenari untuk Pertama Kalinya

Salah seorang pedagang buku bekas bernama Tri, rata-rata komik bekas yang dijual di tempat ini dibanderol mulai dari Rp 5.000. Alhasil, tak jarang pengunjung memborong lebih dari 10 komik.

"Jadi yang biasanya ke sini bawa uang Rp 50.000 itu langsung habis buat beli komik yang harga Rp 5.000-an," tutur Tri kepada Kompas.com di Pasar Kenari, Jumat (12/1/2024).

Beranjak ke satu kios lagi, seorang pedagang bernama Robin mengatakan bahwa buku anak-anak dan komik memang yang paling laku.

"Di sini sih orang pada carinya komik. Cuma memang komik bekas yang lawas dan sudah tidak terbit lagi," tuturnya. 

Baca juga:

Tumpukan komik dan novel di kios salah seorang pedagang buku bekas di Pasar Kenari.KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Tumpukan komik dan novel di kios salah seorang pedagang buku bekas di Pasar Kenari.

Ia menambahkan, di kiosnya ada beberapa komik yang jadi favorit, antara lain manga serta komik karakter Disney seperti Donal Bebek.

"Kalau saya di sini jualnya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000, tergantung judul komik dan kualitasnya seperti apa," kata Robin. 

Majalah, misalnya Donal Bebek, seharga mulai Rp 10.000. Sementara itu, komik berukuran kecil seharga mulai Rp 5.000.

Kendati demikian, stok komik tidak sebanyak buku yang lain. Akibatnya, jika ada yang memborong komik, kemungkinan besar bacaan tersebut akan langsung ludes dan pengunjung pun harus menunggu stok pada hari lain.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com