Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Rekomendasi Tempat Beli Batik di Solo, Banyak Motif 

Kompas.com - 16/01/2024, 13:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kota Solo merupakan salah satu sentra produksi batik di Indonesia. Kamu bisa menjumpai beragam jenis dan motif batik dengan harga terjangkau di Kota Solo. 

Jika berkunjung ke Solo, jangan lupa untuk mampir membeli batik. Berikut rekomendasi tempat beli batik di Solo

Baca juga:

Ciri khas batik Solo adalah identik dengan warna putih kecoklatan atau krem, hitam, dan coklat, dilansir dari situs Pemerintah Kota Surakarta. Ciri khas lainnya yaitu bermotif geometri berukuran kecil yang mengikuti pakem batik Mataram. 

Tempat belanja batik di Solo 

Berikut rekomendasi tempat beli baik di Solo, seperti dirangkum Kompas.com. 

1. Pasar Klewer 

Ilustrasi Pasar Klewer Solo yang terletak di Jalan Dr. Radjiman Wedyodiningrat, Kota Solo. Berikut rekomendasi tempat belanja batik di Solo
Shutterstock/Sriyana Ilustrasi Pasar Klewer Solo yang terletak di Jalan Dr. Radjiman Wedyodiningrat, Kota Solo. Berikut rekomendasi tempat belanja batik di Solo

Jika mencari aneka batik dengan harga murah di Solo, maka Pasar Klewer adalah tempat yang tepat. Selain batik, pasar tradisional ini menjajakan aneka kerajinan tangan, camilan khas Solo, dan lainnya dengan harga yang terjangkau. 

Tak heran jika Pasar Klewer tidak pernah sepi dari pembeli dari luar kota. Terlebih, lokasinya sangat strategis berdekatan dengan Keraton Surakarta Hadiningrat dan Masjid Agung. 

Pasar Klewer adalah pasar legendaris yang diresmikan Presiden Soekarno pada 1970, seperti dikutip dari Kompas.com (8/5/2022). Sejak saat itu, Pasar Klewer menjadi pusat perdagangan di Kota Solo. 

2. Pusat Grosir Solo (PGS) 

Pengunjung memilih pakaian kebaya di Pusat Grosir Solo (PGS), Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2019). Berikut rekomendasi tempat belanja batik di Solo
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pengunjung memilih pakaian kebaya di Pusat Grosir Solo (PGS), Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2019). Berikut rekomendasi tempat belanja batik di Solo

Pusat Grosir Solo atau PGS merupakan pusat belanja kain dan produk fesyen di Kota Solo. Kamu bisa menjumpai beragam jenis dan motif batik yang dijajakan di PGS dengan harga terjangkau. 

Adapula beragam produk fesyen lain, seperti kebaya, gamis, rok, baju, dan masih banyak lainnya. Di PGS, kamu bisa membeli produk fesyen secara eceran maupun grosir. 

Lokasi strategis dan produk beragam menjadikan PGS selalu ramai pembeli. Jika ingin berkunjung, lokasinya berada di Jalan Mayor Sunaryo No.1, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. 

3. Beteng Trade Center (BTC) 

Tidak jauh dari PGS, kamu bisa menjumpai pusat penjualan batik yakni Beteng Trade Center (BTC). Alamatnya berada di  Jalan Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Solo.

Bangunan BTC lebih luas dan lebih modern. Bangunan tiga lantai ini, memiliki luas hingga 21 meter persegi.

BTC menjual beragam batik aneka motif dengan harga terjangkau. Selain itu, pengunjung bisa menjumpai kain dan produk fesyen lainnya. 

Serupa dengan PGS, kamu bisa membeli produk fesyen secara eceran maupun grosir. Harga produk di BTC sangat terjangkau sehingga selalu ramai pembeli dari Solo maupun luar kota. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com