Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Mengenal Depresi dalam Karakter Jung Da Eun pada Drama “Daily Dose of Sunshine”

Kompas.com - 22/01/2024, 16:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Listra Chatalia Silitonga dan Linda Wati*

DRAMA Netflix ‘Daily Dose Of Sunshine’ merupakan salah satu dari beberapa drama Korea yang berhasil mengangkat tentang tema kesehatan mental dan keseharian pekerjaan sebagai perawat poli kesehatan jiwa.

Drama dengan total 12 episode ini menceritakan tentang keseharian psikiater dan perawat, khususnya perawat bernama Jung Da Eun yang baru saja dipindahkan ke poli kesehatan jiwa.

Jung Da Eun menghadapi berbagai kesulitan karena menjadi perawat di poli jiwa. Setelah menjadi perawat di poli kesehatan jiwa selama beberapa waktu, Jung Da Eun memiliki kepedulian kepada salah satu pasien bernama Kim Seo Wan yang menderita skizofrenia karena ia sangat ramah pada hari pertama Jung Da Eun pindah ke poli kesehatan jiwa.

Kim Seo Wan yang sudah diizinkan keluar dari rumah sakit ternyata tidak dapat bertahan dengan realitas kehidupannya sehingga melakukan tindakan bunuh diri.

Setelah mendengar kabar tersebut, Jung Da Eun yang sangat peduli terhadap pasien ini perlahan-lahan jatuh ke dalam kondisi depresi.

Pengertian depresi

Depresi adalah kesedihan atau keputusasaan ekstrem yang berlangsung lebih dari berhari-hari. Hal ini mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari dan dapat menyebabkan gejala fisik seperti nyeri, penurunan atau penambahan berat badan, gangguan pola tidur, atau kekurangan energi (American Psychological Association, 2022).

Dalam karakter Jung Da Eun, depresi mulai terlihat ketika ia menyadari tidak mampu mengingat informasi penting tentang kematian Kim Seo Wan.

Berawal dari orangtua Kim Seo Wan bertanya tentang perkataan terakhir anaknya kepada Jung Da Eun karena Jung Da Eun merupakan orang yang dihubungi Kim Seo Wan sebelum mengambil keputusan untuk mengakhiri hidupnya.

Namun, dengan identitas sebagai perawat dan memiliki sifat yang keras, Jung Da Eun mengabaikan kesedihan ataupun perasaan tidak nyamannya agar tidak merepotkan orang lain jika ia mengambil cuti.

Pengabaian tersebut tidak berlangsung lama hingga Jung Da Eun menangis di depan sahabatnya saat melakukan karaoke.

Kemudian, Jung Da Eun kelihatan terjatuh dalam depresi keesokan harinya hingga ia menolak untuk bangkit dari tempat tidur dan menolak makan.

Gejala pada pasien depresi

Berdasarkan American Psychiatric Association (2020), gejala depresi dapat bervariasi dari ringan hingga berat meliputi beberapa hal, seperti:

  • Merasa sedih atau memiliki suasana hati yang tertekan
  • Kehilangan minat atau kesenangan dalam kegiatan yang dulu pernah dinikmati
  • Perubahan nafsu makan - penurunan atau kenaikan berat badan yang tidak terkait dengan diet
  • Kesulitan tidur atau tidur terlalu banyak
  • Kehilangan energi atau kelelahan yang meningkat
  • Peningkatan aktivitas fisik tanpa tujuan (misalnya, ketidakmampuan untuk duduk diam, mondar-mandir, meremas-remas tangan), gerakan, atau ucapan yang melambat (tindakan ini cukup parah hingga dapat diamati oleh orang lain)
  • Merasa tidak berharga atau bersalah
  • Kesulitan berpikir, berkonsentrasi, atau membuat keputusan
  • Pikiran tentang kematian atau bunuh diri

Beberapa gejala ini juga ditunjukkan dengan baik dalam drama ‘Daily Dose of Sunshine’, seperti ketika Jung Da Eun kehilangan minat untuk melakukan apapun dan memilih untuk tidur di kamarnya.

Selain itu, ia pernah mencoba untuk menabrakkan dirinya ke mobil yang sedang melaju dan juga penurunan nafsu makan sehingga Jung Da Eun menolak untuk makan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com