Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui 4 Manfaat Push Up Bra, Jangan Asal Pilih 

Kompas.com - 23/01/2024, 10:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Pemilihan bra yang tepat merupakan kunci untuk memberikan dukungan maksimal pada payudara dan menjaga kesehatannya. Ada beragam jenis bra yang memiliki fungsi masing-masing bagi payudara, salah satunya adalah push up bra

Dokter spesialis kulit, Dr. dr. Fitria Agustina, Sp.DVE, FINSDV, FAADV, mengatakan, bra memiliki beberapa fungsi penting. 

“Bra memberikan dukungan untuk payudara, yang dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan gerakan berlebihan, terutama selama aktivitas fisik,” jelasnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (20/1/2024).

Baca juga:

Selain itu, bra berguna untuk penyangga payudara, membentuk dan kontur payudara, menyerap keringat, melindungi payudara dari gesekan, memelihara kesehatan payudara, memberikan kenyamanan psikologis, dan estetika. 

“Bra juga merupakan item fesyen yang menawarkan beragam pilihan dalam hal desain, warna, dan gaya, memungkinkan wanita untuk mengekspresikan diri mereka melalui pilihan pakaian dalam mereka,” tuturnya. 

Fungsi push up bra 

Ilustrasi bra. Berikut kegunaan push up brajackmac34 Ilustrasi bra. Berikut kegunaan push up bra

Push up bra adalah jenis bra yang desainnya dilengkapi dengan bantalan di bagian bawah, sehingga mampu mengangkat payudara, dilansir dari InStyle

Berikut sejumlah kegunaan push up bra, seperti dirangkum Kompas.com. 

1. Meningkatkan bentuk dan volume payudara

Fitria mengatakan push up bra berfungsi untuk meningkatkan bentuk dan volume payudara. Sebab, push up bra dirancang untuk mengangkat payudara dan memberikan ilusi volume yang lebih besar.

“Fungsi ini bisa memberikan bentuk yang lebih penuh pada dada,” katanya. 

2. Kontur yang lebih definitif  

Selain itu, push up bra membantu menciptakan kontur dada yang lebih definitif. Selain itu, push up bra bisa memberikan penampilan yang lebih rounded pada payudara. 

“Bra dapat membentuk kontur payudara, memberikan penampilan yang lebih simetris dan sesuai dengan keinginan pemakai dalam hal estetika,” kata Fitria. 

3. Dukungan tambahan

Fitria juga mengatakan bahwa push up bra memberikan dukungan tambahan dari bawah pada payudara. 

Dukungan ini, bisa mengurangi gerakan payudara dan menambah kenyamanan bagi beberapa wanita. 

“Dengan menyediakan penyangga, bra membantu dalam mengurangi potensi peregangan pada ligamen cooper, yang dapat menyebabkan kendur atau sakit pada payudara,” jelasnya. 

4. Estetika

Kegunaan push up bra terakhir adalah berkaitan dengan estetika. Fitria mengatakan, push up bra bisa memberikan tampilan yang diinginkan pada beberapa pakaian, khususnya yang memiliki potongan rendah. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com