Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Disiapkan 

Kompas.com - 25/01/2024, 15:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir adalah hal yang menyenangkan bagi calon ibu saat menyambut buah hati. Namun, terkadang calon ibu kebingungan apa saja perlengkapan bayi baru lahir

Sebab, banyak sekali perlengkapan bayi baru lahir yang dijual di pasaran. Dari sekian banyak perlengkapan bayi baru lahir tersebut, ada beberapa diantaranya yang menjadi prioritas.

Baca juga:

Perlengkapan bayi baru lahir 

Berikut sejumlah perlengkapan bayi baru lahir yang menjadi prioritas dilansir dari Parents dan Very Well Family. 

1. Baju bayi

Ilustrasi pakaian bayi. Perlengkapan bayi baru lahirUNSPLASH/JORDAN NIX Ilustrasi pakaian bayi. Perlengkapan bayi baru lahir

Ada beragam pilihan set baju bayi baru lahir yang bisa kamu jumpai di marketplace. Biasanya, dalam satu set terdiri dari baju panjang dan pendek, celana panjang dan pendek, kaos kaki, dan sarung tangan.

Satu set baju bayi baru lahir biasanya dibanderol harga mulai dari Rp 150.000-an. Sebaiknya jangan membeli terlalu banyak baju bayi baru lahir, karena bayi tumbuh dengan cepat. 

Hal yang perlu diperhatikan saat membeli baju bayi baru lahir adalah bahan yang lembut dan menyerap keringat. Sebab, kulit bayi baru lahir sangat sensitif. 

2. Popok bayi 

Ilustrasi popok kain. Perlengkapan bayi baru lahirSHUTTERSTOCK/GONCHAROV_ARTEM Ilustrasi popok kain. Perlengkapan bayi baru lahir

Ibu bisa memilih untuk menggunakan popok kain atau popok sekali pakai. Usahakan pilihan tersebut cocok dengan kulit bayi, karena setiap pilihan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

Namun, pastikan untuk mengganti popok bayi secara teratur. Para dokter atau ahli merekomendasikan untuk mengganti popok bayi setiap 3-4 jam atau segera setelah bayi buang air kecil atau besar. 

Tujuannya, agar si kecil terhindar dari masalah ruam popok. Saat membeli popok, sebaiknya dalam jumlah kecil dulu untuk mencoba apakah popok tersebut cocok di kulit bayi. 

3. Bak mandi bayi 

Bak mandi akan memudahkan ibu saat memandikan si kecil. Pilihlah bak mandi dari bahan yang kuat dan memiliki ukuran sesuai dengan tubuh bayi. 

Kamu bisa melengkapi bak mandi dengan baby bather untuk perlengkapan mandi si kecil. Harga baby bather dibanderol mulai dari Rp 100.000-an. 

Namun, saat menggunakan baby bather, ibu perlu memperhatikan berat badan maksimal bayi yang tertera pada setiap produk. 

4. Handuk dan waslap 

Ilustrasi handuk bayi. Perlengkapan bayi baru lahirShutterstock Ilustrasi handuk bayi. Perlengkapan bayi baru lahir

Perlengkapan bayi baru lahir selanjutnya adalah handuk dan waslap. Pastikan membeli handuk dan waslap dari bahan yang lembut karena kulit bayi baru lahir masih sangat sensitif. 

Sementara, waslap dibutuhkan untuk menyeka badan bayi saat mandi atau saat berkeringat. 

Baca juga:

5. Gendongan bayi 

Gendongan bayi memudahkan orangtua untuk menggendong si kecil. Ada beragam jenis gendongan bayi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan usia bayi. 

Misalnya, seperti soft structured carrier, kain jarik, woven wrap, ring sling, hipseat, dan lainnya. Selain harganya yang cukup terjangkau, gendongan bayi juga bisa digunakan untuk jangka waktu lama bila dirawat dengan baik.

Beberapa merek gendongan bayi antara lain, Baby Scots, Mooimom, Dialogue Baby, Mom’s Baby, Ergobaby, dan sebagainya. Harganya beragam bergantung dari merek dan jenis gendongan bayi, mulai dari Rp 300.000-an. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com