Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kado untuk Ibu Melahirkan yang Bermanfaat, Selain Baju Bayi 

Kompas.com - 10/01/2024, 18:19 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Melahirkan merupakan momen yang membahagiakan sekaligus mendebarkan bagi pasangan suami istri. Memberi kado untuk ibu melahirkan menjadi bentuk dukungan bagi orangtua sekaligus sambutan hangat untuk bayi. 

Tak perlu mahal, sebaiknya memberi kado untuk ibu melahirkan yang bermanfaat. Umumnya, kado untuk ibu melahirkan berupa baju bayi. 

Baca juga:

Namun, masih ada alternatif kado untuk ibu melahirkan selain baju bayi yang tentunya sangat bermanfaat. 

Kado untuk ibu melahirkan

Berikut rekomendasi kado untuk ibu melahirkan yang bermanfaat seperti dihimpun Kompas.com. Kamu bisa menjumpai beragam hadiah tersebut di toko online (marketplace). 

ilustrasi bayi. Berikut kado untuk ibu melahirkan

iStockphoto/katrinaelena ilustrasi bayi. Berikut kado untuk ibu melahirkan

1. Baju menyusui 

Kebanyakan orang akan memberikan kado berupa baju bayi. Oleh sebab itu, kadang perlengkapan ibu menjadi terlupakan karena cenderung fokus pada kehadiran sang buah hati. 

Kado untuk ibu melahirkan yang bermanfaat adalah baju menyusui, sehingga ibu masih tetap bisa tampil fashionable. 

Selain baju rumah, adapula pilihan baju menyusui yang dapat digunakan untuk keluar rumah dan bekerja. Misalnya, merek Nyonya Nursing Wear, D Amora Nursing Wear, Maternal Nursing Wear, Mamima Nursing Wear, Hello Mommy, dan masih banyak lainnya. 

Rata-rata baju menyusi tersebut dibanderol harga mulai dari Rp 160.000-an. 

2. Pompa ASI 

Jika kamu akan memberikan kado secara patungan dengan teman-teman, maka pompa ASI bisa menjadi kado alternatif. 

Selain menyusi langsung atau direct breastfeeding (DBF), ibu melahirkan juga disarankan rutin memerah ASI agar payudara terus memproduksi ASI.

Ada beragam merek pompa ASI yang bisa menjadi alternatif, seperti Mom Uung, Spectra, Philips Avent, Mama’s Choice, Boboduck, Pigeon, Mooimom, dan sebagainya. Ada tipe single pump dan dual pump.

Jadi, jika ingin memberi kado pompa ASI, sebaiknya tanyakan kepada calon ibu sebelum melahirkan mengenai preferensi merek pompa ASI. Harga pompa ASI memang cukup menguras kantong, mulai dari Rp 400.000-an hingga Rp 2 juta. 

3. Korset melahirkan 

Satu lagi kebutuhan ibu melahirkan yang kadang terlewat adalah korset melahirkan. Sebab, tidak semua ibu merasa nyaman dengan perut yang bergelambir usai melahirkan. 

Karenanya, korset akan sangat bermanfaat bagi para ibu yang melahirkan. Untuk ibu yang melahirkan secara normal, korset bisa langsung digunakan. Namun, untuk ibu yang melahirkan caesar, sebaiknya menunggu luka jahitannya sembuh.

Beberapa merek korset melahirkan yang bisa menjadi alternatif kado antara lain, Mama’s Choice, Mooimom, Mamaway, Tally, dan lainnya. Harganya beragam bergantung dari merek, namun kamu bisa menjumpai korset melahirkan di bawah Rp 100.000. 

4. Tas bayi 

Kado untuk ibu melahirkan selanjutnya adalah tas bayi. Tas bayi atau diaper bag akan sangat bermanfaat bagi orangtua karena sangat diperlukan saat bepergian. 

Bayi membutuhkan banyak barang bawaan, seperti popok, tisu, botol susu, dan perlengkapan lainnya. Beberapa merek tas bayi yang bisa dijumpai di marketplace antara lain Babyscots, Gabag, Mooimom, Snobby, Babycare, dan sebagainya. 

Harganya berbeda-beda bergantung dari merek dan ukuran, mulai dari Rp 100.000-an. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com