Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Alami Atasi Rasa Mual Ibu Hamil di Pagi Hari

Kompas.com - 21/11/2023, 06:00 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lebih dari setengah wanita yang sedang hamil mengalami mual di pagi hari atau morning sickness. Biasanya, ini adalah tanda awal kehamilan yang umum, tetapi gejala tersebut cenderung mereda setelah mencapai minggu ke-12 kehamilan.

Morning sickness ini terjadi karena peningkatan kadar estrogen, kadang-kadang rendahnya gula darah, dan sensitivitas yang lebih tinggi terhadap bau.

Secara umum, mual di pagi hari tidak membahayakan ibu hamil atau bayinya. Namun, jika muntahnya parah, dokter bisa mendiagnosisnya sebagai hiperemesis gravidarum.

Hiperemesis gravidarum biasanya ditandai dengan gangguan elektrolit, penurunan berat badan, serta mual dan muntah yang parah. Kadang-kadang, kondisi ini memerlukan perawatan di rumah sakit.

Bagi kebanyakan wanita, mual pagi dapat diatasi secara alami dengan mengubah pola makan dan lingkungan sehari-hari.

Makanan yang sebelumnya disukai calon ibu, kini bisa menjadi pemicu mual di pagi hari. Untuk itu, dengarkan tubuh kamu dan hindari makanan yang membuat gejala semakin buruk.

Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi mual di pagi hari.

Baca juga: Ibu Hamil Wajib Tahu, Manfaat Berenang Selama Kehamilan

Akar jahe

Akar jahe dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, kamu dapat mencincangnya dan menambahkannya ke dalam air panas untuk membuat teh jahe yang menyegarkan.

Atau sebagai alternatif lain adalah dengan menghisap potongan jahe yang telah dikristalkan, atau biasa dikenal sebagai permen jahe

Jika kamu tidak menyukai rasa atau aromanya, pil jahe menjadi pilihan yang praktis. Pil jahe hadir dalam berbagai bentuk untuk memudahkan konsumsi.

Selain membantu pencernaan, jahe juga dapat menenangkan perut, bahkan saat kamu tidak sedang mengalami mual di pagi hari.

Pisang

Pisang merupakan salah satu makanan umum yang kaya akan kalium dan mineral yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Selama bulan-bulan awal kehamilan, volume darah cenderung meningkat, sehingga meningkatkan asupan cairan menjadi hal yang penting.

Makan pisang di pagi hari dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa mual yang mungkin dirasakan. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B6 yang melimpah, yang juga dikenal dapat membantu mengatasi sensasi mual.

Lemon

Aroma lemon telah terbukti dapat menenangkan perut saat merasa kamu mual. Kamu dapat mengendusnya, memakannya, atau bahkan menghisap permen rasa lemon untuk menenangkan perut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com