Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Online Lewat Live Streaming dan Video Kian Dinikmati

Kompas.com - 26/01/2024, 15:05 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Belanja online melalui fitur live streaming dan video ternyata kian diminati.

Situs e-commerce Shopee, misalnya, mencatat ada kenaikan transaksi pada sesi Shopee Live hingga 49 kali lipat pada puncak periode belanja 12.12 dan peningkatan pesanan 45 kali lipat dari hari biasa untuk pesanan melalui Shopee Video.

Hal ini dipandang sebagai bagian dari pergeseran perilaku belanja online masyarakat yang juga dipengaruhi oleh semakin berkembangnya inovasi yang dihadirkan platform belanja.

Baca juga:

Dari sisi pengguna, fitur-fitur tersebut turut memudahkan proses belanja.

"Melalui Shopee Live, pengalaman belanja  kita bisa tanya penjual. Dengan adanya kehadiran Shopee Video juga kita bisa melihat review produk dan unboxing, semuanya lebih detail," ungkap Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna dalam acara temu media di Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Lebih jauh, fitur Shopee Video menurutnya juga dapat menggugah kreativitas penjual. Beberapa penjual terlihat melakukan sejumlah kreasi, seperti membuat video mix and match untuk produk fesyen sehingga bisa dijadikan inspirasi para pembeli.

Adapun pada puncak kampanye 12.12 juga terlihat peningkatan transaksi produk lokal hingga 10 kali lipat.

Melihat daya tarik tinggi masyarakat dalam memanfaatkan fitur interaktif tersebut, Shopee memprediksi elemen interaksi ini masih akan diminati tahun ini.

"Fitur-fitur ini merupakan akses mudah yang dihadirkan untuk memberikan ruang kolaborasi untuk terus maju dan meningkatkan potensi bisnis," ucapnya.

Baca juga: Gara-gara FOMO, 4 dari 5 Orang Berisiko Kena Tipu Belanja Online

Promo kampanye 2.2

Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna (kedua dari kiri) bersama jajaran Shopee di sela acara temu media di Jakarta, Kamis (26/1/2024).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna (kedua dari kiri) bersama jajaran Shopee di sela acara temu media di Jakarta, Kamis (26/1/2024).

Dalam kesempatan yang sama, Shopee turut menginformasikan promo puncak kampanye 2.2 Shopee Live & Shopee Video Mega Sale pada 2 Februari 2024.

Adapun promo 2.2 berlangsung selama 15 Januari-2 Februari 2024.

"Setiap harinya ada promo berbeda," kata Monica.

Baca juga: Perhatikan, 3 Tips Aman Belanja Online

Sederet promo yang dihadirkan antara lain:

  • Gratis Ongkir Rp0 Semua Toko
  • Semua Diskon sampai dengan 80 persen
  • Pesta Voucher 80 persen

"Di luar itu, bisa cek juga di laman live streaming dan video, ada voucher-voucher yang kami sebarkan juga supaya buyers lebih gampang lagi dan meningkatkan pengalaman belanjanya," tutup dia.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com