Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kacamata Bukan Sekadar Alat Bantu Penglihatan, tapi Juga Fesyen

Kompas.com - 02/02/2024, 13:43 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kacamata memiliki fungsi utama sebagai alat bantu penglihatan bagi orang-orang yang memiliki masalah atau penyakit mata.

Bahkan, memakai kacamata juga dapat meningkatkan produktivitas orang-orang dengan masalah mata.

Namun seiring berjalannya waktu, fungsi kacamata pun mulai berubah dari alat bantu penglihatan menjadi sebuah aksesori yang dapat mendukung penampilan sehari-hari.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Rama Suparta, pendiri brand kacamata lokal Saturdays, yang berusaha memenuhi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat Indonesia.

Menurut Rama, saat ini orang mencari kacamata tidak hanya sekadar fungsinya saja, tetapi juga sebagai penunjang penampilan atau fashion statement.

"Apalagi kan sekarang banyak orang menghabiskan waktu untuk melihat gadget, jadi banyak pelanggan minta kacamata tidak pakai minus tapi ada (perlindungan terhadap) blue light," terangnya kepada Kompas.com saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (31/1/2024).

"Kadang-kadang ada juga permintaan kacamata dengan lensa tinted untuk di dalam ruangan," lanjutnya.

Baca juga: Cara Memilih Kacamata Hitam yang Bisa Melindungi Mata

Koleksi di toko terbaru Saturdays di Central Park Mall Koleksi di toko terbaru Saturdays di Central Park Mall

Model kacamata yang diminati

Untuk modelnya sendiri, menurut Rama ada preferensi yang beragam dari para pelanggan, tergantung bentuk wajah mereka.

"Kalau model kacamata yang diminati kebanyakan masih yang kotak putih normal, tapi perempuan biasanya lebih suka cat eye supaya wajahnya kelihatan lebih tirus," jelasnya.

Tapi, tidak dipungkiri ada beberapa model kacamata "slow moving fashion" dengan desain klasik yang masih relevan sampai sekarang.

"Jadi balik lagi ke bentuk wajah orangnya. Kalau wajahnya bulat ya jangan dikasih frame bulat, kasih frame yang lebih kotak atau oval. Kalau wajahnya oval kasih bulat atau aviator," ujar Rama.

Baca juga: Kacamata yang Tepat Untuk Bentuk Wajah Anda

Sebagai salah satu brand kacamata lokal yang cukup bersaing dengan brand internasional, Saturdays juga berusaha menghadirkan produk-produk yang terjangkau oleh semua kalangan.

Rama mengatakan bahwa saat ini pelanggannya cukup bervariasi dari anak kecil, remaja hingga orang-orang dewasa usia produktif.

"Selain karena toko kami yang konsepnya menarik, kacamata Saturdays juga dibuat lebih terjangkau dan modelnya lebih funky dan modern, khususnya untuk Gen-Z," tutur Rama.

Dengan material titanium Jepang dan asetat Italia yang kokoh, Saturdays membuktikan kalau produk lokal yang terjangkau juga bisa memiliki kualitas yang baik.

"Untuk material ramah lingkungan sih kami masih bereksplorasi ke arah sana. Cuma di toko kami ada program donasi jika ada orang-orang yang punya kacamata tidak terpakai dan tidak mau dibuang," ujar dia.

Baca juga: Bukan Sekadar Bikin Keren, Kacamata Hitam Juga Penting untuk Kesehatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com