Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2017, 17:38 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sebagai pelindung dan alat bantu untuk melihat, kacamata juga merupakan salah satu aksesoris pendukung agar seseorang terlihat menarik.

Oleh karenanya selain mempertimbangkan kualitas lensa, kita juga sebaiknya mempertimbangkan bentuk kacamata seperti apa yang cocok untuk muka kita. Pasalnya tidak semua bentuk muka cocok dengan bentuk kacamata yang beragam. Salah memilih bisa-bisa justru membuat kita tidak keren dan terlihat aneh.

Founder Bridges Eyewear, James Hadisurjo memberikan tips memilih kacamata agar terlihat cocok saat digunakan. Menurutnya, salah satu yang peru diperhatikan adalah bentuk wajah. Umumnya ada bentuk wajah lonjong, kotak, bulat dan hati.

“Sebenarnya lebih bagus kalau memilih kacamata itu yang kontras dengan bentuk wajah,” kata James kepada Kompas Lifestyle saat acara Sunset Affair di Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Dia mencontohkan bila wajah lonjong dan kotak, maka kacamata yang pas digunakan berbentuk lebih bulat. Sementara bila wajah bulat, maka disarankan menggunakan kacamata yang berbentuk kotak.

Baca juga: 6 Kesalahan Memakai Kacamata Hitam

Ilustrasi bentuk wajah dan kacamataAnantaradhika Ilustrasi bentuk wajah dan kacamata
James juga mengingatkan agar menyesuaikan lebar kacamata (dari gagang satu ke gagang lain) dengan lebar wajah. Sebisa mungkin jaraknya harus sesuai, dalam artian, bila kacamata tersebut lebih kecil daripada wajah, maka disarankan untuk tidak digunakan.

Nah, kalau persoalan warna kulit, James mengatakan bahwa sisi itu lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan keinginan. Namun untuk kulit lebih gelap, James menyarankan memilih warna cerah agar kacamata bisa terlihat. Meski begitu, tetap memilih hitam pun tidak masalah.

”Kalau mau fashionable dan terlihat banget, mungkin kulit yang lebih gelap pakai kacamata yang lebih terang,” kata James.

Sementara itu untuk lensa, James mengatakan bahwa saat ini tengah populer lensa berwarna, gaya tahun ’70 - ’80 an. Lensa ini lebih terlihat santai dan bisa digunakan baik di luar atau dalam ruagan. Berbeda dengan kacamata lensa gelap yang hanya bisa digunakan untuk di luar ruangan.

“Nah kalau pakai lensa yang  berwarna, kan masih bisa terlihat matanya dan bisa dipakai all day. Selain itu, kalau ngomong sama orang enggak terlalu aneh. Kalau pakai lensa gelap, ngomong sama orang mungkin terlihat enggak sopan,” kata James.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com