Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Makna Jaket Varsity dan Sneakers Ganjar-Mahfud di Debat Terakhir

Kompas.com - 05/02/2024, 17:55 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Penampilan pasangan calon (paslon) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada debat kelima, Minggu (4/2/2024), kembali menarik perhatian. 

Keduanya mengenakan jaket varsity dan sneakers yang merupakan merek lokal. Penasaran dengan detail outfit Ganjar-Mahfud MD tersebut? Simak ulasannya berikut ini. 

Baca juga:

Merek 

Jaket Varsity yang dikenakan paslon Ganjar-Mahfud MD adalah merek lokal yakni Rawtype Riot. Melansir dari situs resminya, merek asal Bandung ini didirikan pada 2017 oleh Decky Sastra. 

Menariknya, merek Rawtype Riot lahir di sebuah kos-kosan di Kota Kembang.  

Koleksi pertamanya adalah outwear yang terinspirasi dari militer, dengan jumlah terbatas 24 potong, dan berhasil terjual habis. Pada 2018, jaket koleksi Rawtype Riot seri Legendary Varsity dikenakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Sementara itu, Ganjar-Mahfud MD memilih sneakers kasual dari MARQUE.CO. Melansir dari Tribun Jabar, jenama lokal Bandung ini, didirikan oleh Marcello David Candra dan Monique Angelica pada 2020.

Selain sneakers, MARQUE.CO memiliki beberapa koleksi seperti sepatu slip-on, varsity jacket, tas, dan apparel

Sebagai pendatang baru, MARQUE.CO telah beberapa kali dipercaya oleh instansi seperti Kemenparekraf, PERBASASI, dan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), untuk menyediakan produk dalam ajang bergengsi. Salah satunya saat Badminton Asia Championship 2022 di Filipina.

Desain 

Jaket varsity tersebut, merupakan pesanan khusus dari TPN Ganjar-Mahfud MD kepada Rawtype Riot. 

“Jaket tersebut dipesan khusus oleh timnya Pak Ganjar,” ujar Tim Rawtype Riot, saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (5/2/2024). 

Jaket Varsity tersebut menggunakan material fleece, dengan warna hitam dan putih di bagian lengannya. Selain itu, jaket varsity tersebut diproduksi dalam jumlah terbatas hanya sepuluh potong. 

Baca juga:

Sneakers MARQUE.CO Gustav Series Black White Gumsole dengan logo SAT SET TAS TES yang dikenakan Ganjar-Mahfud MD.Dok.MARQUE.CO Sneakers MARQUE.CO Gustav Series Black White Gumsole dengan logo SAT SET TAS TES yang dikenakan Ganjar-Mahfud MD.

Sementara itu, sneakers kasual yang dipakai Ganjar-Mahfud MD merupakan ready stock dari MARQUE.CO, yaitu Gustav Series Black White Gumsole. 

Pendiri sekaligus Pemilik MARQUE.CO, Marcello David Candra, mengatakan, TPN Ganjar-Mahfud MD memesan sneakers tersebut dilengkapi dengan logo SAT SET atau TAS TES.

“Sepatu yang dipakai Pak Ganjar dan Pak Mahfud merupakan sepatu ready stock kami, yang di-custom sablon khusus untuk Pak Ganjar dan Pak Mahfud, ada logo SAT SET atau TAS TES,” jelasnya saat dikonfirmasi Kompas.com. 

Marcello menjelaskan, sneakers Gustav Series Black White Gumsole, memiliki model vintage modern. Sneakers ini, menggunakan kombinasi tiga material utama yakni leather, suede, dan nylon. 

Selain itu, sneakers ini dilengkapi dengan MARQUE Polyurethane Technology Insole yang empuk dan nyaman. Pada sepatu bagian belakang, dibungkus dengan kain Visa Tery super halus, sehingga melindungi kaki dari lecet. Sedangkan, talinya menggunakan material katun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com