Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaus Kaki yang Cocok dengan Berbagai Jenis Sepatu

Kompas.com - 10/02/2024, 13:10 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Mungkin tidak banyak orang yang peduli soal kaus kaki. Namun mengenakan kaus kaki yang salah saat memakai sepatu, bisa membuat orang menganggap bahwa kamu tidak paham soal mode dan fashion.

Terlepas dari fungsinya, para penata gaya mengatakan bahwa memilih kaus kaki yang tepat dapat meningkatkan penampilan kita secara signifikan. Triknya adalah mengetahui kaus kaki mana yang cocok dikenakan dengan setiap jenis sepatu. 

Baca juga: Simak, Tips Memilih dan Merawat Kaus Kaki

Tidak yakin harus mulai dari mana? Ikuti pendapat pakar mode tentang kaus kaki terbaik untuk dikenakan dengan berbagai jenis sepatu berikut ini:

Kaus kaki yang cocok dengan sepatu

1. Boat shoes dan driving shoes

Driving shoesAurelien VIA apetogentleman.com Driving shoes
Idealnya, kita bisa memakai boat shoes atau driving shoes tanpa kaus kaki dan tidak menyebabkan kaki berkeringat dan melepuh. Namun, beberapa orang berpendapat bahwa inilah harga yang harus kita bayar untuk tampilan kasual.

Boat shoes adalah alas kaki musim panas dan dirancang untuk dikenakan tanpa kaus kaki, demikian juga dengan driving shoes. Namun lingkungan perkotaan modern tidak selalu nyaman untuk memakai sepatu tanpa kaus kaki,” jelas Sally Samuels, kepala desainer lini pakaian pria Savile Row Company.

Dia mengatakan bahwa jika kamu mengalami ketidaknyamanan saat mengenakan boat shoes atau driving shoes, kaus kaki no-show (atau tidak terlihat) adalah pilihan yang tepat. "Pilihlah sepasang bahan katun yang menyerap keringat agar kaki tetap sejuk dan nyaman."

Baca juga: Mengenal Driving Shoes dan Cara Memakainya

2. Sepatu resmi wanita

Ilustrasi sepatu hitam dengan celana dan baju putih.Dok. Shutterstock/New Africa Ilustrasi sepatu hitam dengan celana dan baju putih.
Sepatu kerja atau resmi wanita seperti sepatu hak tinggi dan flat secara tradisional dipakai tanpa kaus kaki sama sekali. Namun, jika perhatian utamamu adalah kenyamanan, kamu mungkin bisa memakai kaus kaki no-show, kata para ahli.

“Kaus kaki no-show bisa jadi rumit karena harus memberikan perlindungan dan kenyamanan tanpa harus berukuran besar. Carilah pilihan yang ringan dengan bahan katun yang menyerap keringat atau campuran katun-poliester jika kamu menginginkan kaus kaki yang lebih melar,” kata Amara Rajie, penata gaya internal untuk sepatu Hyper Arch Motion.

Dia menambahkan bahwa fitur terpenting dari kaus kaki no-show adalah pegangan anti selip di bagian dalam tumit. "Mengenakan kaus kaki yang terus-menerus melorot ke ujung kaki bukanlah pengalaman menarik."

3. Sepatu resmi pria

Ilustrasi sepatu kulit laki-laki.Dok. Unsplash/Noah Smith Ilustrasi sepatu kulit laki-laki.
Jika kamu berencana mengenakan sepatu resmi, pilihlah kaus kaki yang elegan dan sebagus sepatu itu sendiri, saran Samuels.

“Aturannya adalah mencocokkan warna kaus kaki dengan warna celana untuk menciptakan garis mulus yang menonjolkan tampilan kaki, membuat kamu terlihat lebih tinggi dan ramping,” katanya.

Samuels mengatakan bahwa kaus kaki wol Merino atau kasmir sangat ideal karena kehangatan dan sirkulasi udaranya yang ringan. “Bahan-bahan ini juga menawarkan kilau halus yang cocok untuk acara formal.”

Selain menciptakan siluet yang ramping, kaus kaki pria juga memiliki beberapa tujuan praktis, "seperti melindungi kaki dari gesekan bagian dalam sepatu, menjaga kaki tetap kering untuk mencegah pertumbuhan bakteri, dan menambah kehangatan di cuaca dingin," tambah Rajie.

Baca juga: 10 Jenis Sepatu Resmi dari yang Paling Formal hingga Kasual

4 Sepatu kets atau sneakers

Inspirasi tampilan sporty dengan sneakers.Dok. PEDRO Inspirasi tampilan sporty dengan sneakers.
Para ahli sepakat bahwa untuk sneakers, kaus kaki yang cocok adalah yang memiliki bantalan dan dibuat dari bahan yang menyerap keringat dan menyerap kelembapan.

“Jika kamu mendaki mendaki gunung, berolah raga, atau ikut maraton, harap kenakan kaus kaki yang memiliki performa terbaik untuk aktivitas tersebut,” kata Kriena Nederveen, stylist di balik Cle D'Or yang berbasis di New York dan Los Angeles.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com