Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Pakai Micellar Water yang Benar agar Wajah Bersih 

Kompas.com - 12/02/2024, 23:25 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Micellar water merupakan salah satu produk perawatan wajah yang berfungsi untuk membersihkan kotoran dan sisa makeup. 

Untuk diketahui, cara membersihkan wajah yang benar adalah menggunakan metode double cleansing, atau dua tahapan. Sebelum mencuci muka pakai sabun, kamu bisa membersihkan wajah menggunakan micellar water terlebih dahulu. 

Baca juga:

Selain micellar water, kamu juga bisa menggunakan pembersih muka lainnya seperti cleansing oil, cleansing balm, atau milk based cleanser

Apa itu micellar water? 

Ilustrasi membersihkan muka pakai micellar waterFreepik/Kamran Aydinov Ilustrasi membersihkan muka pakai micellar water

Dilansir dari Cleveland Clinic, micellar water berasal dari Perancis yakni micelle atau kumpulan molekul. Dermatologis Alok Vij MD menjelaskan, kumpulan molekul tersebut mengandung deterjen serta memiliki formula lembut (gentle cleanser).

Disebut micellar water karena terdapat konsentrasi molekul sabun atau deterjen yang sangat ringan di dalam air,” jelas Alok Vij MD dilansir dari Cleveland Clinic. 

“Pada dasarnya, seperti gelembung mikroskopis kecil yang mengambang di air, sehingga tidak terasa seperti larutan sabun,tapi hanya terasa seperti air,” imbuhnya. 

Bahan utama micellar water adalah air sehingga bentuknya cair menyerupai toner. Dilansir dari Medical News Today, micellar water terdiri dari air murni, humektan seperti gliserin, dan surfaktan ringan. 

Humektan berfungsi untuk mengikat kelembapan kulit, sedangkan surfaktan merupakan pembersih yang mengangkat kotoran dari wajah.

Baca juga:

Cara pakai micellar water yang benar 

Ilustrasi cara pakai micellar water yang benarSHUTTERSTOCK/PROSTOCK-STUDIO Ilustrasi cara pakai micellar water yang benar

Berikut cara memakai micellar water yang benar agar wajah bersih dilansir dari Cleveland Clinic dan Medical News Today.

Seperti disampaikan sebelumnya, micellar water berfungsi untuk pembersih wajah untuk mengangkat kotoran dan makeup, sekaligus melembapkan. 

1. Pertama, buka tutup botol micellar water.

2. Tuangkan beberapa tetes micellar water ke kapas. Miringkan botol agar memudahkan cairan micellar water menyerap ke kapas.

3. Usap perlahan kapas yang sudah diberi micellar water ke permukaan wajah dan leher. Pijat lembut wajah agar lebih rileks.

4. Ulangi jika diperlukan, atau masih ada sisa kotoran atau makeup yang tertinggal di wajah.

5. Beberapa orang suka membilas muka usai menggunakan micellar water, tetapi langkah ini tidak wajib.

6. Lanjutkan ke tahapan metode double cleansing berikutnya, yakni cuci muka menggunakan sabun agar wajah bersih maksimal.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com