Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2024, 12:12 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasar Santa dengan pesonanya yang unik dan suasana yang ramai, telah menjadi destinasi favorit bagi para penggemar belanja di Jakarta.

Namun, untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang optimal, penting bagi kamu  mengetahui kapan waktu terbaik mengunjungi pasar ini.

Kompas.com telah merangkum waktu terbaik untuk berbelanja di Pasar Santa agar kamu dapat memaksimalkan pengalaman belanja tanpa harus terjebak dalam keramaian yang tak terkendali.

Waktu yang tepat belanja di Pasar Santa

Salah satu petugas keamanan Pasar Santa bernama Iwan menjelaskan bahwa Pasar Santa dibagi menjadi tiga bagian.

Lantai basement adalah pasar basah yang menjual sayuran, daging dan bahan dapur lainnya.
Sedangkan di lantai dasar terdapat banyak toko yang menjual barang pecah belah, toko emas, barang teknik (alat listrik), hingga toko yang menjual bunga.

Lantai satu, adalah lantai populer yang paling sering dikunjungi karena terdapat food court yang menjual berbagai macam makanan dan minuman, toko hits seperti distro baju, toko yang menjual barang bekas berkualitas, toko buku, toko musik, hingga toko yang menjual pernak-pernik menggemaskan.

Baca juga: 5 Tempat Thrifting di Jakarta, Pasar Senen hingga Santa

Salah satu kios yang menjual mainan, Atomic, di Pasar Santa, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Salah satu kios yang menjual mainan, Atomic, di Pasar Santa, Jakarta Selatan.
“Kalau biasanya pasar sudah buka dari jam lima pagi, yang bagian basement. Untuk lantai dasar dari jam tujuh sudah banyak toko yang buka. Untuk lantai satu normalnya banyak penjual yang buka di jam sebelas tapi banyak juga yang buka sebelum jam itu,” terangnya kepada Kompas.com di Jakarta Selatan, Jumat (16/2/2024).

Iwan menerangkan, karena Pasar Santa merupakan pasar tradisional yang bergaya semi modern, jadi berpengaruh terhadap jam operasional tiap toko.

“Biasanya jam delapan malam toko pada tutup tapi masih ada satu atau dua yang tetap buka,” lanjutnya.

Iwan juga menjelaskan kalau toko-toko di Pasar Santa normalnya buka setiap hari dari Senin sampai Minggu.

situasi pasar santa , Kebayoran Baru Jakarta SelatanKOMPAS.COM/WALDA MARISON situasi pasar santa , Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Apabila kamu ingin berkunjung dan berbelanja di Pasar Santa ada tiga kategori yang bisa menjadi panduan waktu untuk ke sana.

Bagi para pencinta kuliner atau yang suka memasak, menyapa pagi dengan berkunjung ke basement Pasar Santa adalah pilihan yang tepat. Mulai dari jam 05.00 pagi, suasana sudah ramai dengan pedagang yang menawarkan segala macam bahan makanan segar. 

Apakah kamu mencari barang pecah belah atau sedang membutuhkan jasa tertentu? Datanglah ke lantai dasar Pasar Santa mulai jam 07.00 pagi. Di sini, kamu akan menemukan beragam barang unik dan jasa yang ditawarkan oleh pedagang lokal.

Suasana ramai namun tetap menyenangkan untuk menjelajah mencari barang yang kamu butuhkan.

Seorang pelanggan sedang melihat-lihat vinyl di Laidback Blues Records di Pasar Santa lantai 1, AKS 116-118, Jalan Cipaku, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin (22/11/2021).KOMPAS.COM/ IRA GITA Seorang pelanggan sedang melihat-lihat vinyl di Laidback Blues Records di Pasar Santa lantai 1, AKS 116-118, Jalan Cipaku, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin (22/11/2021).
Bagi yang lebih suka santai, lantai satu Pasar Santa adalah tempat yang tepat untuk berkunjung mulai jam 11.00 pagi. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai barang thrift yang menarik serta menjelajahi beragam kuliner lezat yang siap memanjakan lidahmu.

Suasana akan semakin meriah saat siang hari tiba, sekitar jam 13.00 siang, dengan pengunjung yang semakin ramai.

Jadi, apapun preferensimu, Pasar Santa memiliki pesonanya masing-masing, dari keramaian pagi hingga keramaian siang hari. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kehidupan pasar yang sesungguhnya di sini!

Baca juga: Berburu Barang Koleksi di Pasar Santa, Bisa Temukan 4 Hal Ini

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com