Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2024, 14:14 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Membaca bisa meningkatkan kemapuan berpikir dan pengetahuan kita. Semakin banyak buku yang kita baca dari berbagai macam genre, akan mengasah untuk memahami berbagai macam pendapat, inspirasi, analisis, dan pemikiran.

Hal tersebut bisa meningkatkan kemampuan analisa, menilai, serta dapat membuat kita menjadi lebih efektif dalam menyatukan informasi.

Jika kamu sudah merasakan manfaat dari membaca buku dan menjadikannya kegiatan rutin, lalu ingin mengembangkan diri, cobalah untuk membaca buku–buku berbahasa asing, misalnya Bahasa Inggris.

Pada awalnya memang akan terlihat sulit dan tidak banyak kosakata yang kita pahami, tetapi melalui kegiatan membaca tersebut kemampuan bahasa kita akan terasah.

Baca juga: 3 Tips untuk Membiasakan Diri Rutin Membaca Buku

Cari yang kamu suka

Hestia Istiviani Inisiator Baca Bareng menyarankan agar membaca apapun yang ingin kita baca, meskipun itu hanya mengikuti tren atau karena ada artis KPOP yang membacanya lalu menjadi viral.

“Biasanya aku menyarankan untuk baca apapun yang ingin dibaca. Mau itu motivasinya karena ngikutin tren yang ada, karena artis KPop lagi baca, karena adaptasi film/serialnya mau tayang, just read it if you want to read,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com Selasa (21/2/2024).

Walaupun hanya mengikuti tren yang ada, tetapi kegiatan tersebut membawa dampak yang positif bagi kita. Motivasi yang dilandasi kesenangan, sudah cukup membuat seseorang mau membaca dan pastinya memberikan manfaat yang bagus untuk diri kita.

Biasanya membaca apa yang kita suka akan membuat kita lebih mudah memahami isinya. Apalagi jika kita sudah memiliki pengetahuan dasar soal gagasan bacaan tersebut.

Mulai dari yang ringan dan mudah

Hestia juga meyarankan jika ingin membaca bacaan seperti novel Bahasa inggris tetapi masih ragu, kamu bisa pilih bacaan yang ringan seperti novel remaja.

“Kalau misal masih ragu untuk membaca bacaan bahasa Inggris, bisa coba untuk membaca novel ringan yang ditujukan kepada remaja (seperti novel serialnya Percy Jackson),” lanjutnya.
Lalu jika merasa novel Percy Jackson mudah di pahami kamu bisa membaca buku lain yang satu tingkat di atasnya.

“Apabila kamu merasa bahasa Inggris dalam novel Percy Jackson ternyata mudah untuk dipahami, coba satu tingkat di atasnya, seperti novelnya Jenny Han,” tuturnya.

Hestia juga menambahkan jika novel tersebut terlalu sulit untuk dipahami, cobalah untuk membaca novel yang bahasanya tidak terlalu rumit misalnya seperti novel serial Peter Rabbit.

Jika sudah menentukan dan membaca buku yang sesuai dengan keinginan, kegiatan membacapun akan menjadi menyenangkan, bahkan untuk buku berbahasa asing sekalipun. Selain menambah wawasan kamu juga akan menambah rasa percaya diri dalam berbahasa asing.

Baca juga: Cara Membaca Buku agar Memberi Manfaat, Tidak Sekadar Baca

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com