Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Stunting dengan Meningkatkan Kualitas Sperma

Kompas.com - 07/03/2024, 11:12 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Stunting pada anak merupakan masalah serius yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mereka dalam jangka panjang.

Meskipun banyak faktor yang dapat memengaruhi kondisi ini, kualitas sperma seorang ayah juga memiliki peran penting dalam mencegah stunting pada anak.

Inilah mengapa penting bagi para ayah untuk memperhatikan gaya hidup mereka agar tetap sehat dan menghasilkan sperma yang juga sehat.

Baca juga: 5 Kebiasaan Pria yang Merusak Kualitas Sperma selain Merokok

Berikut adalah 5 tips sederhana bagi seorang ayah untuk merawat kualitas sperma dan mencegah stunting pada anak.

5 tips hasilkan sperma berkualitas

1. Berhenti merokok

Merokok adalah sebuah kebiasaan buruk yang tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan ayah sendiri, tetapi juga pada kualitas sperma yang dihasilkan. Merokok dapat menyebabkan penurunan jumlah sperma yang dapat meningkatkan risiko stunting pada anak.

Ayah tidak boleh merokok kalau ingin kualitas spermanya baik. Kalau masih merokok sperma yang dihasilkan akan turun jumlahnya dan risiko anak terkena stunting juga ada,” terang dokter I Gusti Ayu Nyoman Partiwi di acara Peluncuran Kampanye Edukasi #PeduliASIBerkualitas oleh Blackmores di Jakarta Selatan, Rabu (06/03/2024).

2. Pola makan sehat

Gaya hidup sehat tidak hanya tentang tidak merokok, tetapi juga tentang pola makan yang seimbang dan berkualitas. Seorang ayah harus memastikan dirinya mengonsumis makanan bernutrisi, seperti protein hewani, vitamin, dan mineral.

“Nutrisi yang masuk ke tubuh juga harus diperhatikan, makan protein hewani, vitamin, dan mineral bagus untuk tubuh,” kata dr. Tiwi.

Baca juga: Tips Menjaga Sperma Tetap Sehat Menurut Sains

3. Tidur cukup

Begadang bukanlah pilihan yang baik bagi kesehatan sperma. Kurang tidur dapat mengganggu produksi hormon reproduksi dan mengurangi kualitas sperma.

“Ayah jangan pada begadang, tidak baik karena kualitas sperma yang diproduksi akan turun,” sarannya.

4. Hindari radiasi

Hal-hal sepele seperti menaruh handphone di saku celana dapat memiliki dampak pada kualitas sperma. Radiasi yang dihasilkan oleh perangkat elektronik dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel sperma.

“Sekarang pun hal sepele seperti menaruh handphone di saku celana dapat berpengaruh ke kualitas sperma karena radiasi yang dihasilkan,” jelasnya.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari menaruh handphone di dekat area testis dan batasi paparan radiasi elektromagnetik sebisa mungkin.

Baca juga: Ingin Istri Cepat Hamil? Ini 11 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

5. Olahraga teratur

Kegiatan fisik yang teratur tidak hanya baik untuk kesehatan secara umum, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas sperma.

“Olahraga dapat mendukung produksi sperma yang sehat,” ujat dr. Tiwi.

Jadi, bagi para ayah yang peduli dengan kesehatan dan perkembangan anak, penting untuk memperhatikan gaya hidup mereka sendiri.

Dengan mengikuti tips sederhana ini, kita dapat membantu mencegah stunting pada anak dan memberikan kontribusi positif bagi masa depan mereka. Ingatlah, investasi dalam kualitas sperma juga merupakan investasi dalam kesehatan dan kebahagiaan keluarga secara keseluruhan.

Baca juga: 6 Perubahan Pola Hidup demi Meningkatkan Kualitas Sperma

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com