Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Recycle Station Sociolla Diberhentikan Sementara di Sejumlah Store, Ini Alasannya

Kompas.com - 17/04/2024, 11:11 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri kecantikan dan perawatan diri kini semakin berkembang. Bahkan sudah ada banyak produsen yang menciptakan beragam jenis produk yang dapat menunjang penampilan seperti makeup, skincare, dan lainnya. 

Melihat banyaknya jumlah produk kecantikan yang dihasilkan setiap tahunnya, limbah produksi industri ini juga menumpuk dan berpotensi menambah permasalahan lingkungan jika tak ditangani dengan baik. 

Atas hal itu, brand kecantikan Sociolla pun mengusung program keberlanjutan, yakni Waste Down Beauty Up (WDBU) sejak dua tahun lalu, tepatnya pada 2022. 

Baca juga: Ramai di Medsos Soal Sampah di Recycle Station Sociolla Disebut Tak Didaur Ulang, Ini Faktanya

Salah satu langkah yang dijalankan Sociolla dalam program tersebut adalah menyediakan Recycle Station di semua offline store Sociolla sejak Maret 2022 silam. 

Dalam program ini, pelanggan dapat menyerahkan beauty empties (sampah skincare atau produk kecantikan) mereka di Sociolla Store untuk dikelola lebih lanjut dan didaur ulang oleh mitra yang bergerak di bidang pengelolaan dan daur ulang sampah

Baca juga: 4 Langkah Keberlanjutan, Sociolla Ajak Daur Ulang Sampah Skincare

“Terhitung dari Maret - Desember 2022 kami bekerja sama secara eksklusif dengan Waste4Change dan berhasil mengumpulkan 24,7 ton. Lalu, dilanjutkan dengan kemitraan bersama Paste Laboratory mulai dari April 2023 - Januari 2024 dan berhasil mengumpulkan 108 ton,” jelas Co-founder sekaligus Chief Marketing Officer (CMO) Social Bella, Chrisanti Indiana, lewat jawaban tertulis kepada Kompas.com, Selasa (16/4/2024). 

Atas tingginya lonjakan angka beauty empties tersebut selama dua tahun, Chrisanti mengatakan, saat ini program Recycle Station harus diberhentikan sementara di beberapa store. 

Acara konferensi pers Sociolla Anniversary ke-9 bertajuk From Bestie for Bestie yang digelar di atrium Mall Central Park, Jakarta, Selasa (27/2/2024).KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Acara konferensi pers Sociolla Anniversary ke-9 bertajuk From Bestie for Bestie yang digelar di atrium Mall Central Park, Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Untuk saat ini, program Sociolla Recycle Station masih tersedia di Sociolla store area Jabodetabek, kecuali di beberapa tempat yakni Sociolla Mall Kelapa Gading, Sociolla Central Park, Sociolla Blok M Plaza, Sociolla Ciputra Cibubur. 

Kemudian, Sociolla Kota Wisata Cibubur, Sociolla Citra Raya Tangerang, Sociolla Summarecon Mall Bekasi, Sociolla Aeon Deltamas Cikarang Bekasi, Sociolla Botani Square Bogor, dan Sociolla X The Park Pejaten. 

Baca juga: Sociolla x Innisfree Ajak Beauty Enthusiast Kurangi Sampah Plastik

Hal ini dilakukan karena pihaknya akan melakukan penyesuaian. 

“Beauty empties yang sudah terkumpul pada masa transisi dari Februari 2024 hingga saat ini akan disalurkan ke berbagai mitra pilihan berikutnya,”

“Sejak awal 2024, kami tengah mengeksplorasi perluasan kerja sama dengan berbagai mitra pengelola sampah dari berbagai skala dan lokasi. Selama lebih dari dua tahun program ini berjalan, kami bersiap menjalankan program ini dengan lebih baik lagi,” pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com