Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Skincare Wajib Laki-laki agar Wajah Cerah, Jangan Lupa Sunscreen

Kompas.com - 20/04/2024, 06:31 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menggunakan skincare secara teratur tidak hanya dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat tetapi juga tampak lebih cerah.

Sayangnya, masih banyak laki-laki yang mengabaikan penggunaan skincare sehingga tak jarang wajah terlihat kusam dan muncul berbagai masalah lainnya seperti jerawat.

Agar kulit wajah lebih cerah, berikut rekomendasi skincare sederhana yang bisa dicoba para laki-laki.

Baca juga: 7 Merek Skincare Lokal Murah di Bawah Rp 50.000

Skincare wajib laki-laki agar wajah cerah

1. Pembersih muka

Cleansing atau pembersih muka menjadi salah satu produk yang wajib digunakan laki-laki dalam rutinitas skincare sehari-hari.

Managing Director ERHA Clinic Group, Norita Sambada mengatakan, sabun cuci muka itu sangat perlu digunakan secara rutin untuk membersihkan kotoran di wajah secara keseluruhan.

2. Sunscreen

Selanjutnya Norita menyarankan penggunaan sunscreen dalam rutinitas skincare untuk membuat wajah cerah.

Ia menjelaskan, sinar matahari menyumbang 70 persen faktor penyebab penuaan dini pada kulit. Untuk itu, menggunakan produk dengan Sun Protection Factor (SPF) menjadi hal yang penting.

"Jadi kalau mau yang sederhana untuk laki-laki ya sabun cuci muka sama sunscreen," terangnya saat ditemui Kompas.com di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (18/4/2024).

Baca juga: 6 Rekomendasi Skincare Lokal di Bawah Rp 100.000

3. Pelembap

Pelembap bisa menjadi produk skincare yang dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari bagi laki-laki.

Jika sudah terbiasa dan nyaman menggunakannya, barulah bisa menambahkan produk skincare lainnya, seperti pelembap untuk malam hari.

"Kalau pagi kan sudah diproteksi dengan sunscreen, malam harinya pakai pelembap yang sekaligus dapat memeprbaiki sel kulit," imbuhnya.

@kompas.lifestyle Ini nih produk-produk skincare yang direkomendasiin sama kru Kompas.com! Kalo produk skincare yang paling holy grail untuk kalian apa aja nih? coba komen di bawah!???? Videografer: Via Furgativa Kreatif: Chrisstella Efivania Rosaline Produser: Nabilla Tashandra #skincare #rekomendasiskincare #skincareholygrail #skincarebagus ? Suasana Hari Raya (Acoustic) - Cempaka Remic
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com