Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutinitas Skincare Terbaik untuk Kulit Kering Menurut Ahli

Kompas.com - 29/11/2023, 16:24 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Health

KOMPAS.com - Kulit yang kering, kasar, atau bersisik sering disebabkan karena kekurangan kelembapan.

Meski ini biasanya terjadi pada bulan-bulan yang lebih dingin, tetapi kita juga dapat memiliki jenis kulit kering yang berlangsung sepanjang tahun.

Kulit kering dapat terasa tidak nyaman dan gatal, untuk itu kita perlu menyesuaikan rutinitas skincare agar dapat membantu menyeimbangkan kembali kelembapan kulit.

Secara umum, rutinitas skincare untuk kulit kering meliputi pembersih, pelembap, dan tabir surya dengan bahan pelembap seperti ceramide, hyaluronic acid dan gliserin.

Namun, tergantung pada kebutuhan kulit, kita dapat menambahkan lebih banyak produk pada skincare di siang dan malam hari.

Mengenali kulit kering

Epidermis, atau lapisan teratas kulit, memiliki penghalang halus yang menahan air untuk menghidrasi dan melindungi kulit kita dari berbagai elemen.

Kulit kering, alias xerosis atau xeroderma, terjadi ketika penghalang kulit (skin barrier) kehilangan air terlalu cepat.

Akibatnya, orang dengan kulit kering memiliki kulit yang bisa terasa:

• Gatal

• Pecah-pecah

• Kasar

• Ketat

• Bersisik

"Beberapa orang terlahir dengan kulit kering, tetapi yang lain dapat memiliki kulit yang lebih kering di musim dingin karena angin musim dingin yang dingin dan mengeringkan, pemanas sentral (atau pemanas mobil), dan kelembapan yang rendah menyebabkan dehidrasi kulit."

Demikian penuturan Dendy Engelman, MD, dokter spesialis kulit di Manhattan Dermatology & Cosmetic Surgery dan direktur bedah kulit di Rumah Sakit Metropolitan.

Selain itu, kita mungkin juga memiliki kulit kering karena kondisi seperti eksim, yang menyebabkan kulit menjadi iritasi, meradang, dan bengkak.

Baca juga: Mencegah Kulit Kering di Cuaca Panas, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Rutinitas skincare pagi hari untuk kulit kering

Rutinitas skincare di pagi hari membantu mempersiapkan kulit kering untuk menghadapi berbagai elemen dengan menambahkan kelembapan pada pelindung kulit yang kurang.

Berikut adalah cara untuk membantu kulit kering tetap terhidrasi sepanjang hari.

Langkah 1: Pembersih

Membersihkan kulit harus selalu menjadi langkah pertama di pagi hari untuk menghilangkan kotoran dan membuat kulit bersih.

Namun, jenis kulit kering juga harus menemukan pembersih yang dapat menambah kelembapan pada kulit mereka dan tidak menghilangkan minyak wajah yang sangat dibutuhkan.

"Pembersih yang lembut, pembersih minyak, dan pembersih pelembap dengan bahan-bahan yang lembut dan melembapkan — seperti gliserin, ceramide, dan hyaluronic acid — adalah yang terbaik untuk kulit kering," kata dr Dendy.

Pembersih berbahan dasar minyak juga sangat ideal untuk orang dengan kulit yang sangat kering untuk membantu menjaga kelembapan.

Langkah 2: Toner

Toner adalah langkah perawatan kulit opsional yang biasanya menghilangkan sisa minyak dan kotoran.

Karena alasan ini, banyak toner yang mengiritasi kulit kering dan lebih baik untuk kulit berminyak dan berjerawat. Namun, ada juga toner yang dirancang untuk menghidrasi kulit kering.

Dokter Dendy menyarankan untuk memilih toner bebas alkohol yang mengandung bahan-bahan yang menghidrasi dan menenangkan seperti hyaluronic acid, vitamin E, dan lidah buaya.

Toner jenis ini dapat mendukung kulit yang paling sensitif sekalipun.

Langkah 3: Serum

Serum adalah skincare berbasis air dengan konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Jika kita memiliki kulit kering, carilah serum dengan bahan aktif untuk membantu menghidrasi dan melindungi kulit dari lingkungan yang kering.

"Serum hyaluronic acid sangat bagus untuk kulit kering dan membantu menarik air ke pelindung kulit," terang dokter spesialis kulit di Premier Dermatology and Skin Cancer Center, Lindsey Zubritsky, MD, FAAD.

Ia pun menyarankan untuk mengoleskan serum hyaluronic acid pada kulit yang basah untuk menarik lebih banyak air ke dalam kulit.

Dokter Dendy juga merekomendasikan serum yang mengandung vitamin B yang menghidrasi seperti niacinamide dan panthenol.

Serum dengan ceramide dan vitamin E juga dapat membantu mengisi kembali tingkat hidrasi dan meningkatkan pelindung kulit.

Orang dengan kulit kering juga dapat menggunakan serum vitamin C yang populer untuk membantu mencerahkan kulit, memudarkan hiperpigmentasi, dan mengurangi kerusakan akibat sinar UV.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com