Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Efek dari Urutan Pemakaian Skincare Salah? Ini Kata Ahli

Kompas.com - 15/11/2023, 18:09 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jangan mudah tergoda dengan metode perawatan kulit yang sedang tren di media sosial. Sebab, jika kita sembarangan mengubah rutinitas pemakaian skincare atau mencoba produk dan teknik baru, mungkin efeknya pada kulit tidak ringan.

Efek paling "ringan" mungkin hanya rasa gatal, tetapi bisa juga akhirnya iritasi, jerawatan, hingga luka bakar kimiawi akibat dosis produk yang tidak tepat.

Tren terbaru yang tidak bisa dilewatkan oleh para beauty enthusiast adalah reverse skincare hack di TikTok yang telah ditonton ribuan kali, mendapat banyak likes, dan komentar.

Singkatnya, reverse skincare hack adalah tren menggunakan skincare dengan cara membalikan urutannya.

Langkah pertama masih cukup sama, yakni kita membersihkan wajah, yang diikuti dengan mengoleskan pelembap yang tebal.

Kemudian, penggunaan toner berada di urutan terakhir, dengan klaim bahwa melakukan hal ini selama 15 menit akan membuat kulit lebih glowing dan lembap.

Baca juga: Manfaat Lendir Bekicot untuk Skincare

Lantas, apakah dengan membalikan urutan pemakaian skincare itu tidak berbahaya? Jika berbahaya, apa dampaknya terhadap kulit wajah kita?

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan ahli dermatologi seperti dikutip dari laman Real Simple berikut ini.

Pentingnya menggunakan skincare sesuai dengan urutan
Menurut ahli kimia kosmetik dan pendiri Acaderma, Shuting Hu, urutan dalam menggunakan skincare sangat penting.

Sebab, hal itu menentukan bahan dan produk apa yang pertama kali meresap ke dalam kulit kita, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi bagaimana kulit terlihat dan terasa setelah rutinitas selesai dilakukan.

"Ini berarti bahwa jika kita mengaplikasikannya dengan urutan yang salah, maka kita dapat menciptakan penghalang pada kulit dan mencegah bahan aktif menembusnya," terangnya.

Baca juga: Kenali Tanda Kulit Alami Penuaan Dini dan yang Normal

Ada beberapa pertimbangan ketika memilih krim mata, salah satunya adalah kandungan yang ada di dalamnya.Freepik Ada beberapa pertimbangan ketika memilih krim mata, salah satunya adalah kandungan yang ada di dalamnya.

Urutan yang tepat mengaplikasikan skincare

Urutan mengaplikasikan skincare tidak bisa diterapkan untuk semua jenis kulit. Tetapi, ada aturan praktis untuk dipraktikkan. Misalnya skincare pagi fokusnya adalah perlindungan kulit dengan memakai SPF dan vitamin C. 

Sedangkan di malam hari fokusnya adalah memperbaiki serta membalikkan kerusakan dengan bahan aktif seperti retinol.

Secara umum, produk harus diaplikasikan sesuai dengan ukuran molekulnya, dari yang paling tipis hingga yang paling tebal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com