Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Panas, Pilih 5 Warna Baju Ini agar Lebih Adem 

Kompas.com - 02/05/2024, 14:57 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Cuaca panas melanda sejumlah wilayah di Indonesia, meliputi utara Pulau Jawa, bagian tengah Sumatera, dan selatan Kalimantan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, penyebab cuaca panas di Indonesia saat ini adalah posisi semu matahari yang berada dekat Khatulistiwa. 

"Kondisi ini membuat suhu udara di sebagian wilayah Indonesia menjadi relatif cukup terik saat siang hari," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dikutip dari Kompas.com, Sabtu (7/4/2024). 

Baca juga: Ramai soal Wilayah Indonesia Dilanda Suhu Panas di Awal Mei 2024, BMKG: Terjadi hingga Agustus

Meski cuaca tergolong panas, Guswanto memastikan peningkatan suhu di Indonesia bukanlah heat wave atau gelombang panas, karena karakteristik dua fenomena ini berbeda. 

Warna baju saat cuaca panas

Ilustrasi cuaca panas. Warna baju yang cocok dipakai saat cuaca panasUnsplash Ilustrasi cuaca panas. Warna baju yang cocok dipakai saat cuaca panas

Saat cuaca panas, pemilihan warna baju yang tepat bisa membantu kamu merasa lebih sejuk. Akan tetapi, bukan berarti tidak merasakan gerah sama sekali. 

Melansir dari Hypebeast dan Lifestyle Asia, Toshiaki Ichinose, Peneliti Senior di Institut Nasional Studi Lingkungan Jepang, melakukan sebuah eksperiman tentang kekuatan warna dalam memantulkan radiasi matahari. 

Penelitian yang dilakukan pada Agustus 2020 itu, mengungkapkan bahwa, setiap benda memantulkan radiasi matahari dengan kecepatan berbeda tergantung warnanya.

Sementara, energi yang tidak dipantulkan diserap dalam bentuk panas. Jadi, penelitian tersebut membuktikan bahwa benda (termasuk baju) dengan warna pantulan lebih tinggi akan terasa lebih adem. 

1. Putih 

Ilustrasi kemeja putih, warna baju yang cocok dipakai saat cuaca panasFREEPIK Ilustrasi kemeja putih, warna baju yang cocok dipakai saat cuaca panas

Bukan rahasia lagi, warna putih dapat memantulkan radiasi matahari. Oleh sebab itu, memakai baju warna putih saat cuaca panas akan terasa lebih adem dibandingkan warna lainnya. 

Namun, bukan berarti kamu tidak merasakan gerah sama sekali. Dalam penelitian yang dilakukan Ichinose, dia dan timnya melakukan eksperimen dengan menjemur kaos beragam warna di bawah terik matahari dengan suhu 30 derajat celcius. 

Hasilnya, kaos putih bersuhu 30 derajat celcius, sementara kaos hijau tua dan hitam bersuhu di atas 50 derajat celcius. Eksperimen ini, menunjukkan bahwa warna putih dapat memantulkan radiasi matahari dengan lebih baik. 

Baca juga: Anti-Gerah, Pilih Baju dengan Bahan-bahan Ini Saat Cuaca Panas

2. Kuning 

Ilustrasi baju kuning, pilihan warna baju saat cuaca panasDok. Unsplash/Fran The Now Time Ilustrasi baju kuning, pilihan warna baju saat cuaca panas

Selain putih, warna baju yang membuat tubuh terasa lebih adem saat cuaca panas adalah kuning. Serupa, warna kuning dapat memantulkan radiasi matahari dengan baik. 

Baju warna kuning bisa menjadi alternatif untuk acara kasual dan santai di outdoor saat cuaca panas. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com