Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari 7 Bahan Baju Ini Saat Cuaca Panas, Bikin Gerah 

Kompas.com - 02/05/2024, 21:18 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Sumber Elle

KOMPAS.com - Pemilihan bahan baju sebaiknya disesuaikan dengan kondisi cuaca di sekitar agar nyaman. Nah, ada sejumlah bahan baju yang sebaiknya dihindari saat cuaca panas seperti sekarang ini. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, penyebab cuaca panas di Indonesia saat ini adalah posisi semu matahari yang berada dekat Khatulistiwa. Kondisi ini, diprediksi berlangsung hingga Agustus 2024 mendatang, dikutip dari Kompas.com (28/4/2024). 

Baca juga: Hindari 4 Warna Baju Ini Saat Cuaca Panas  

Bahan baju yang dihindari saat cuaca panas

Berikut sejumlah bahan baju yang sebaiknya dihindari saat cuaca panas, seperti dilansir dari Elle.

Ilustrasi cuaca panas. Bahan yang dihindari saat cuaca panas. 
Dok. SHUTTERSTOCK Ilustrasi cuaca panas. Bahan yang dihindari saat cuaca panas.

1. Poliester 

Bahan yang terkenal anti kusut ini, tidak direkomendasikan saat cuaca panas lantaran menyebabkan pemakainya berkeringat. Bahan dasar kain yang diperkenalkan pada 1950 ini, bersifat tahan air sehingga tidak bisa menyerap kelembapan. 

Kondisi ini membuat pemakainya bisa terjebak keringat seharian saat cuaca panas. Namun demikian, bahan poliester punya sejumlah keunggulan seperti anti kusut, dan awet.

2. Nilon 

Nilon merupakan bahan sintetis yang dapat menyerap keringat. Oleh sebab itu, bahan ini banyak dijumpai pada baju olahraga. 

Namun demikian, baju berbahan nilon bukan pilihan terbaik saat cuaca panas. Meskipun menyerap keringat, bahan nilon tetap mempertahankan bau, dapat menyebabkan lecet, dan memiliki kemampuan bernapas yang sangat rendah.

Adapun maksud kain yang bisa bernafas adalah, kain yang memungkinkan kelembapan berpindah dari dalam kain ke luar. Sebaliknya, kain yang tidak bisa bernapas seperti nilon berarti punya kelembapan kurang bagus sehingga terasa lebih panas saat dipakai. 

Baca juga: Anti-Gerah, Pilih Baju dengan Bahan-bahan Ini Saat Cuaca Panas

3. Acrylic

Serupa dengan nilon, bahan acrylic juga terasa lebih panas saat dipakai dan bersifat abrasif. Bahan sintetis ini, memiliki kemampuan menyerap kelembapan yang tinggi, menahan air, dan sangat mudah diregangkan. 

Namun demikian, elemen synthetic polyacrylonitrile polymer dalam acrylic, menjadikannya salah satu kain dengan sirkulasi udara terburuk di dunia.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com