Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2024, 17:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Warna baju dapat memengaruhi tingkat penyerapan radiasi matahari. Oleh sebab itu, ada sejumlah warna baju yang sebaiknya dihindari saat cuaca panas seperti yang melanda beberapa wilayah di Indonesia akhir-akhir ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, penyebab cuaca panas di Indonesia saat ini adalah posisi semu matahari yang berada dekat Khatulistiwa. Meskipun cuaca sangat panas, namun BMKG memastikan kondisi ini bukanlah heat wave atau gelombang panas. 

Baca juga: Ramai soal Wilayah Indonesia Dilanda Suhu Panas di Awal Mei 2024, BMKG: Terjadi hingga Agustus

Warna yang dihindari saat cuaca panas

Ilustrasi cuaca panas.SHUTTERSTOCK Ilustrasi cuaca panas.

Melansir dari Lifestyle Asia, Toshiaki Ichinose, Peneliti Senior di Institut Nasional Studi Lingkungan Jepang, melakukan sebuah eksperiman tentang kekuatan warna dalam memantulkan radiasi matahari. 

Penelitian yang dilakukan pada Agustus 2020 itu, mengungkapkan bahwa, setiap benda memantulkan radiasi matahari dengan kecepatan berbeda tergantung warnanya.

Sementara, energi yang tidak dipantulkan diserap dalam bentuk panas. Jadi, penelitian tersebut membuktikan bahwa benda (termasuk baju) dengan warna pantulan radiasi matahari lebih rendah akan teras lebih panas. 

1. Hitam 

Ilustrasi perempuan pakai baju warna hitamFreepik/lifeforstock Ilustrasi perempuan pakai baju warna hitam

Bukan rahasia lagi bahwa baju warna hitam dapat menyerap panas. Oleh sebab itu, memakai baju warna hitam saat cuaca terik akan membuat pemakainya merasa lebihgerah. 

Dalam penelitian yang dilakukan Ichinose, dia dan timnya melakukan eksperimen dengan menjemur kaos beragam warna di bawah terik matahari dengan suhu 30 derajat celcius. 

Hasilnya, kaos warna hitam bersuhu paling tinggi dibandingkan lainnya, yakni lebih dari 30 derajat celcius. Sementara, kaos putih bersuhu paling rendah yakni 30 derajat celcius. 

Eksperimen ini, menunjukkan bahwa warna hitam tidak dapat memantulkan radiasi matahari dengan baik, sebaliknya justru menyerap panas. 

Baca juga: Anti-Gerah, Pilih Baju dengan Bahan-bahan Ini Saat Cuaca Panas

2. Hijau tua

Warna hijau tua atau army juga tidak bisa memantulkan radiasi matahari dengan baik, sehingga menyerap panas. Jadi, sebaiknya kamu menghindari memakai baju warna hijau tua saat cuaca terik. 

Pada umumnya, warna gelap cenderung lebih mudah menyerap panas dibandingkan warna-warna terang. Sebaliknya, baju warna hijau tua sangat cocok dipakai saat cuaca dingin karena dapat menyerap panas dengan baik. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com