Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2024, 10:26 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Kebanyakan kesalahan manikur adalah kuku terpotong terlalu pendek atau kutikula kasar, hal-hal yang bersifat sementara. Namun menumpahkan cat kuku pada pakaian favorit dapat meninggalkan bekas permanen. 

“Tindakan terbaik yang dapat kamu lakukan saat melihat noda cat kuku pada pakaian adalah tetap tenang,” kata Patric Richardson dari The Laundry Evangelist.

Menurut Richardson, rasa panik bisa menyebabkan kita menyebarkan noda atau menggosok kain terlalu agresif. “Ambil napas dalam-dalam, lalu mulailah bekerja,” katanya. 

Setelah kamu bisa rileks dari kepanikan awal akibat tumpahan cat kuku, kamu akan menyadari bahwa noda cat kuku dapat dihilangkan dalam beberapa langkah sederhana, menggunakan barang-barang yang mungkin sudah kamu miliki di rumah.

Sebelum mulai membersihkan noda, kamu harus selalu menguji teknik pembersihan dan produk pada jahitan bagian dalam untuk memastikan tidak merusak kain. “Kain halus biasanya tahan terhadap penghilang noda, tetapi sulit digosok, jadi lakukan dengan lembut,” kata Richardson.

Baca juga: Tips Bersihkan Kuteks Tanpa Pakai Aseton

Bahan yang diperlukan

Sebagian besar penghilangan cat kuku tidak memerlukan peralatan khusus, tetapi kamu harus mempunyai beberapa peralatan penting agar prosesnya berjalan lebih lancar. “Alat terbaik mungkin adalah yang sudah kamu miliki—sabun cuci, kapas, dan penghapus cat kuku,” kata Richardson.

  • Selembar kertas (untuk mengangkat sisa cat)
  • Penyeka kapas
  • Sabun berminyak
  • Penghapus cat kuku
  • Handuk

Cara membersihkan noda cat kuku

Setelah kamu mengumpulkan bahan-bahan dan mengujinya pada sebagian kecil kain, kamu dapat memulai proses menghilangkan noda dari pakaian.

1. Hapus kelebihan cat

Jika kamu menghadapi tumpahan basah, mulailah dengan menghilangkan sisa cat kuku yang belum meresap. "Jangan menggosok cat basah karena justru akan mendorongnya lebih dalam ke dalam kain, sehingga lebih sulit dihilangkan," kata Richardson. 

"Gunakan sesuatu yang tumpul, seperti kartu nama atau bahkan selembar kertas terlipat, untuk mengangkat sebanyak mungkin cat dari kain secara perlahan —kamu akan melihat sebagian besar cat akan terkelupas."

2. Gunakan sabun dan air

Untuk mengatasi sisa noda, rendam kapas dengan sabun berminyak dan usapkan pada noda dari tepi luar ke arah tengah. Gantilah kapas tersebut dengan yang bersih karena dapat menyerap warna cat kuku, jika tidak, kamu berisiko memperburuk noda. 

“Warna dari cat kuku akan luntur ke dalam larutan pembersih, jadi jika kamu menggunakannya terlalu banyak, noda bisa menyebar, sehingga semakin banyak yang harus dihilangkan,” kata Richardson.

3. Bilas hingga bersih

"Setelah larutan pembersih bekerja pada noda, bilas hingga bersih dengan mengalirkan sedikit air hangat langsung ke noda dari keran," kata Richardson.

Baca juga: Cara Membersihkan Kuteks Tanpa Pembersih Khusus

Gunakan penghapus cat kuku untuk noda membandel

Jika noda membandel masih tersisa setelah dibersihkan dengan sabun dan air, inilah waktunya untuk melakukan tindakan yang lebih keras menggunakan penghapus cat kuku.

1. Periksa kain untuk asetat

Sebelum menggunakan teknik ini, Richardson mengatakan untuk mengujinya pada sepotong kecil kain. "Dalam kasus yang jarang terjadi, kain mengandung asetat—aseton akan melarutkan serat tersebut," katanya. "Asetat jarang terdapat pada kain modern namun masih muncul sesekali, dan pernah sangat populer, artinya beberapa kain vintage pasti memilikinya."

2. Hilangkan noda

Setelah yakin pakaianmu tidak mengandung asetat, letakkan handuk bekas di bagian bawah noda dan gunakan kapas untuk mengoleskan penghapus cat kuku. Handuk akan menyerap warna cat kuku dan menghentikan penyebaran noda saat penghapus menyentuhnya. 

“Oleskan noda dengan penghapus cat kuku hingga hilang, lalu bersihkan noda tersebut dengan sabun dan air,” kata Richardson. "Ganti handuk dan kapasnya jika terlalu penuh warna." Bilas dengan air hangat dari keran.

Cara menghilangkan noda cat yang sudah kering

Jika kamu tidak menyadari cat kuku tumpah pada pakaian hingga cat kuku mengering, belum terlambat untuk menyelamatkan kain tersebut. 

“Kita sering kali bisa menghilangkan cat kuku kering dengan penghapus cat kuku lalu menghilangkan residunya dengan sabun dan air,” kata Richardson. "Kamu mungkin harus mengulangi langkah penghilangan beberapa kali dan pastikan uji kainnya terlebih dahulu."

Pakar laundry memperingatkan agar tidak memasukkan pakaian yang terkena noda cat kuku kering ke dalam pengering sampai nodanya benar-benar hilang, karena akan membuat noda lebih sulit dihilangkan.

Baca juga: Berapa Lama Cat Kuku Bisa Mengering Sempurna?

 
 
 
Sieh dir diesen Beitrag auf Instagram an
 
 
 

Ein Beitrag geteilt von KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com