Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2024, 12:12 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Susu memiliki reputasi sebagai minuman sehat kaya nutrisi. Namun ternyata, beberapa orang menggunakan produk susu dengan cara yang sedikit berbeda untuk tubuh mereka.

Orang-orang telah melakukan mandi susu sejak zaman kuno untuk mencoba meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit mereka. Dikatakan bahwa ratu Mesir Cleopatra mandi dengan susu kambing.

Lantas, apa yang membuat susu menjadi pilihan perawatan kulit?

Baca juga: Mandi Susu: Manfaatnya Bagi Kulit dan Tips Mandi Susu di Rumah

Manfaat mandi susu

Saat ini banyak orang melakukan berbagai cara dan perawatan untuk membuat kulit mereka lebih sehat dan indah. Dari yang biasa, sampai yng aneh dicoba. Ada yang menggunakan lendir bekicot, sperma salmon, dan lainnya.

Konsumen uga tampaknya semakin sensitif terhadap produk ultra-olahan. Ada keinginan untuk tampil lebih natural. “Jadi, mengapa tidak mencontoh Cleopatra, dan mandi susu?” ujar dokter kulit Alok Vij, MD.

Secara ilmiah, belum banyak penelitian yang mendukung mandi susu untuk perawatan kulit. Namun ada penjelasan yang masuk akal mengapa produk ini mendukung kesehatan kulit, belum lagi banyak bukti yang bersifat anekdotal.

Berikut manfaat berendam di air susu:

Pengelupasan kulit

Susu secara alami mengandung asam laktat, sejenis asam alfa hidroksi (AHA) yang dapat mengelupas kulit. Produk kosmetik yang mengandung AHA seperti asam laktat sering dipasarkan sebagai “pengupas kulit” karena alasan ini.

“Asam laktat dalam susu dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di atas kulit sehingga menghilangkan tekstur kasar dan menjadikan kulit lebih halus,” kata Dr. Vij. Hasilnya, kulit terasa lembut, halus dan halus di seluruh bagiannya.

Melembabkan kulit

Lapisan luar kulit kita mengandung protein yang menahan minyak dan air. Saat mandi susu, kulit juga menyerap lemak susu. “Saat lemak meresap, mereka memberikan lebih banyak hidrasi pada kulit,” jelas Dr. Vij.

Efek melembapkan tersebut dapat membantu meringankan sengatan matahari, serta gejala penyakit peradangan kronis seperti:

  • Dermatitis atopik.
  • Eksim.
  • Psoriasis.

Manfaat anti-inflamasi

Susu terkenal sebagai sumber kalsium yang baik, serta tinggi seng dan vitamin D (yang ditambahkan selama pemrosesan). Ketiga nutrisi tersebut dapat mengurangi peradangan pada kulit, kata Dr. Vij.

Kekuatan anti inflamasi tersebut juga dapat membantu meringankan gejala kondisi kulit yang disebutkan.

Menghilangkan rasa gatal

Efek menenangkan dan kemampuan anti-inflamasi dari mandi susu dapat meredakan rasa gatal yang disebabkan oleh paparan benda-benda tertentu atau penyebab ruam lainnya. 

Namun perlu diingat: “Meskipun mandi susu mungkin memiliki sifat anti-inflamasi, mandi susu tidak boleh dianggap sebagai pengganti obat resep untuk mengatasi gatal-gatal karena alergen,” kata Dr. Vij.

Baca juga: Mandi Susu Jadi Ritual Kecantikan Mariah Carey

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com