Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Trik Membuat Rambut Terlihat Tebal

KOMPAS.com - Semua orang akan mulai kehilangan rambut seiring bertambahnya usia. Bagi beberapa orang, rambut lebih cepat menipis daripada yang lain.

Namun ada beberapa cara untuk membuat rambut kembali tampak tebal. Hanya saja, kamu perlu memahami bahwa ini bukan soal menumbuhkan kembali rambut yang menipis, karena hal itu hampir tidak mungkin.

Kecuali, kamu melakukan intervensi secara medis dengan suplemen atau injeksi.

Walau begitu kita bisa memaksimalkan folikel rambut yang ada untuk membuat tampilan rambut secara keseluruhan lebih tebal, sehingga membuatmu lebih percaya diri dengan apa yang dimiliki.

KC Fee, Celebrity Groomer yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat, mengatakan, intinya kita harus pandai memilih produk yang tepat dan mengatur pola makan yang benar.

Nah, Fee memberi tips berikut agar rambut kita tidak tampak terlalu tipis.

1. Pilih sampo yang ringan

Mungkin kamu sudah tahu bahwa terlalu banyak sampo tidaklah baik untuk rambut. Sampo bisa menghilangkan minyak alami di rambut sehingga rambut menjadi kering dan sulit diatur.

Meski begitu, mencuci rambut bisa membuat rambut tampak lebih tebal karena tidak lepek. Sebab ketika rambut mengering, folikelnya akan tegak dan terlihat lebih berisi.

Jadi, untuk mendapatkan efek rambut tampak lebih tebal kamu mungkin perlu menggunakan sampo lebih sering. Namun, Fee menyarankan untuk memilih sampo yang lembut bagi rambut.

Sampo tersebut masih mampu mengangkat rambut karena mengurangi minyak pada akar rambut. Namun, sampo yang lembut tak akan menghilangkan minyak alami.

2. Gunakan produk yang ringan dan kering

Ketika rambut menipis, usahakan tak menggunakan produk yang terlalu berat di rambut sehingga membuat rambut keberatan.

"Ini akan memicu rambut bercabang dan rambut rontok," kata Fee.

Ketika kamu mau menggunakan pomade, usahakan menggunakan pomade standar. Kamu bisa memilih pomade dengan matte finish yang mampu mengangkat rambut.

Beberapa produk bekerja seperti dry shampoo yang mampu menyerap minyak berlebih dan membuat rambut lebih terangkat.

Jika kamu baru memulainya, cobalah beli kemasan produk yang kecil terlebih dahulu untuk melakukan tes awal.

"Mulailah dengan produk yang kecil terlebih dahulu dan beli sesuai kebutuhan," ujar Fee.

3. Gunakan sisir bulat dan pengering rambut

Sisir mungkin bukanlah alat penata rambut yang tepat untuk menata rambut pendek. Sisir biasanya digunakan untuk mendistribusikan minyak alami rambut dari ujung kepala ke ujung rambut bagi pemilik rambut panjang.

Jadi, jika kamu membeli sisir untuk keperluan styling alias penataan rambut, pilihlah sisir yang kecil dengan bentuk bulat.

Aplikasikan sedikit pomade pada rambut yang telah dikeringkan dengan handuk, kemudian sisir sambil menggunakan pengering rambut.

Hal ini mampu mengangkat rambut dan mengeringkan produk hingga ke akar.

4. Atur pola makan

Fee mengatakan, pola makan dan suplemen bisa menjadi sangat membantu dalam menguatkan rambut dan membuatnya bertahan lebih lama. Sebab, kerontokan rambut sebetulnya dipengaruhi juga oleh faktor genetik.

Kamu bisa melakukan pendekatan proaktif, di samping asupan suplemen dan prosedur tertentu, yaitu dengan fokus pada pola makan.

Sederhananya, konsep ini mirip seperti makan bersih (clean diet). Hindari makanan dengan kandungan gula tinggi dan makanan yang diproses.

Sebaliknya konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan.

"Kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung biotin, zinc, vitamin C, zat besi, dan niasin," katanya.

5. Gunakan serat rambut (hair fiber)

Para artis Hollywood memiliki rambut yang tampak lebih tebal saat difoto atau dalam film. Padahal dalam kehidupan sehari-hari rambut mereka tak sebagus itu.

Apa rahasianya? Serat rambut, yang diaplikasikan pada bagian kulit kepala yang kosong agar tak terlihat ada jarak.

"Kamu mungkin akan kaget karena trik ini digunakan banyak selebriti yang akan difoto, bermain film atau mengisi program televisi," ujarnya.

Serat rambut tersedia dalam berbagai merek. Produk ini menggunakan fiber yang ditaburkan di bagian rambut yang tipis, sehingga membuatnya terlihat lebih tebal.

Jika rambutmu tidak menipis tapi mau membuat rambut tampak lebih tebal, trik ini juga bisa menjadi solusi.

Hanya saja, jangan sentuh rambut ketika produk diaplikasikan. Bersihkan rambut menggunakan sampo secara bersih sebelum tidur.


https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/17/075409420/5-trik-membuat-rambut-terlihat-tebal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke