Salin Artikel

"Falling Stars Challenge", Aksi Viral dari China yang Banyak Diikuti di Indonesia

KOMPAS.com – Media sosial selalu diramaikan dengan tantangan baru yang datang dari seluruh dunia. Ada tren berbeda yang menarik untuk diikuti, kali ini adalah Falling Stars Challenge.

Tantangan ini merebak sejak awal Oktober lalu dan mengharuskan "peserta" untuk berfoto dengan gaya seolah-olah tersandung, sehingga seluruh barang bawaannya tumpah terhambur keluar dari tas.

Dilansir dari ABC, warganet China mempraktikkan tantangan ini dengan menunjukkan barang-barang mewah dan bermerek yang mereka miliki, mulai dari mobil, tas, ponsel, make-up, dan sebagainya.

Mereka menyebutnya sebagai tantangan "Fluent Your Wealth" atau "Pamerkan Kekayaanmu".

Lebih dari satu juta unggahan di media sosial China, Weibo, menampilkan tantangan ini hanya dalam waktu dua minggu.

Namun, sebagian warganet mempertanyakan keamanan dari tantangan ini. Sebagian peserta yang berfoto menggunakan mobil sebagai properti, sebagian besar mengambil lokasi pengambilan gambar di tempat umum, misalnya tempat parkir bahkan jalan raya.

Ala Indonesia

Berbeda dengan yang dilakukan warganet China, masyarakat Indonesia justru melakukannya dengan cara yang sedikit berbeda. Bukan barang mewah yang ditampilkan, tetapi barang-barang yang berkaitan dengan kegiatan mereka sehari-hari.

Misalnya seorang pencinta tanaman yang mengikuti tantangan ini dengan menumpahkan tanaman miliknya beserta alat penyiram tanaman, cangkul, dan parang yang ia miliki.

Dari foto yang lain menggambarkan seorang perempuan desa mengenakan kain dan kebaya jatuh dari sepeda tua dan berbagai barang bawaannya terjatuh. Ia membawa banyak barang, seperti buah kelapa, kaleng kerupuk, ayam jago beserta tempatnya.

Tantangan yang dilakukan warganet Indonesia ini relatif lebih aman karena dilakukan di tempat-tempat yang tidak berbahaya, seperti pekarangan dan teras rumah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/10/24/190745820/falling-stars-challenge-aksi-viral-dari-china-yang-banyak-diikuti-di

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.