Salin Artikel

Manfaatkan Aplikasi di Gawai untuk Stimulasi Balita

Orangtua memang tidak perlu khawatir berlebihan terhadap paparan teknologi pada anak, karena jika digunakan dengan bijak, pemakaian gawai juga berdampak positif untuk perkembangannya.

“Ada saat-saat anak boleh bermain dengan gawai, tapi sebentar saja dan sebaiknya didampingi orangtua,” kata Prof. Soedjatmiko, dokter spesialis anak, dalam acara talkshow yang digelar oleh Frisian Flag di Bogor beberapa waktu lalu.

Menurut Soedjatmiko, orangtua bisa memilihkan aplikasi atau permainan yang interaktif di gawai untuk merangsang stimulasi panca indera anak.

“Misalnya dengan permainan yang interaktif, ada lagu sederhana yang liriknya mudah diikuti, atau mengajak anak menari,” paparnya.

Ketika anak berhasil menyelesaikan permainan, orangtua bisa mengapresiasi dengan memberikan pujian atau pelukan. Dengan begitu akan terbentuk ikatan (bonding) dengan anak.

Anak balita direkomendasikan menggunakan gawai tidak lebih dari satu jam setiap hari.

“Tetapi waktunya dipecah-pecah jadi beberapa kali dalam sehari, misalnya 15 menit sekali main,” ujar Soedjatmiko.

Yang tidak kalah penting, lanjut dia, adalah waktu berkualitas yang diberikan orangtua ketika mendampingi anaknya bermain. Jangan sampai orangtua justru lebih asik sendiri dengan gawainya.

“Ajak anak bermain, bercanda, berkomunikasi. Tunjukkan bahwa handphone tidak lebih penting dibanding dirinya,” imbuhnya.

Teman 123

Memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung stimulasi kecerdasan anak, Frisian Flag memperkenalkan Teman 123 untuk bermain dan bergembira.

Fitur Teman 123 menghadirkan tiga tokoh, yaitu Firi (lumba-lumba), Rizi (gajah), dan Ian (jerapah) yang akan menjadi teman bermain anak usia 1, 2, dan 3.

Menurut Specialized Nutrition Director PT Frisian Flag Indonesia, Rivanda Idiyanto, Teman 123 terintegrasi dalam aplikasi IbudanBalita yang bisa diunduh secara gratis di gawai berbasis android.

“Kami berkolaborasi dengan Prof.Soedjatmiko dalam memilih jenis aktivitas permainan, pilihan kata yang diperkenalkan dan rangkaian ide untuk mengapresiasi anak-anak yang telah menyelesaikan permainan,” kata Rivanda.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/04/095224220/manfaatkan-aplikasi-di-gawai-untuk-stimulasi-balita

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.