Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Calon Desainer Perlu Ambil Sekolah Mode?

Pada era globalisasi, segala sektor, mulai dari pasar hingga sumber daya manusia yang ada di Indonesia harus dapat bersaing di pasar lokal maupun global.

Edukasi merupakan cara efektif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia dalam menghadapi era yang penuh persaingan, termasuk dalam dunia mode.

Salah satu akses edukasi adalah sekolah mode. Lantas, apa alasan konkrit calon desainer untuk ikut sekolah mode?

Menurut Principal Paris de la Mode Fashion School Hesty Maureen, sekolah biasanya menawarkan pendidikan atau proses pembelajaran hingga menjadi seseorang professional di industri mode. Hal ini dapat sejalan untuk meningkatkan kualitas pasar lokal dan bersaing dengan global.

Menurut Maureen, mereka yang ikut sekolah mode akan mulai diajarkan konsep mode, sesuai dengan peminatan. 

Ia mencontohkan sekolahnya memiliki dua program studiu khusus mode, dan satu fokus pada bisnis.

Program Desain dan Kreasi penciptaan Mode, misalnya, belajar bagaimana mengembangkan koleksi busana sendiri dari sketsa awal hingga kreasi desain mereka sendiri.

Selama masa studi, para murid mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka dari tingkat Dasar, Menengah hingga Mahir.

Ada pun dasar untuk perancang busana masa depan adalah kemajuan kemampuan kreatif untuk memungkinkan ekspresi pribadi, gaya desain serta pengetahuan teknis termasuk aspek praktis dan teoritis dengan mengaplikasikan teknologi manual hingga fashion design digital 3 Dimensi.

Program studi mode kedua yakni Pattern Making and Production. Pembuatan pola sendiri disebut sebagai fungsi jembatan antara desain dan produksi.

Para murid sekolah mode bakal menerjemahkan sketsa gambar menjadi pakaian yang bisa dipakai dengan menggabungkan desain menggambar busana, memotong, mengukur, dan menjahit semua komponen garmen agar sesuai dengan lekuk tubuh.

Terakhir adalah program studi Fashion Branding and Business Developmen di mana mengajarkan tentang hukum bisnis, menyiapkan bisnis yang dapat diterapkan dan rencana pemasaran juga keterampilan penting untuk mempromosikan dan memperkuat merek dengan menciptakan titik penjualan yang unik di pasar mode.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/13/103419720/mengapa-calon-desainer-perlu-ambil-sekolah-mode

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke