Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Wortel untuk Kesehatan agar Hidup Lebih Berwarna

KOMPAS.com - Wortel sering kita dapati dalam sup ayam atau masakan lain. Di balik kelezatannya, kita dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi wortel, sebab manfaat wortel untuk kesehatan ternyata begitu besar.

Wortel mengandung beragam jenis nutrisi dan manfaat. Nutrisi wortel termasuk serat, vitamin, dan mineral. Beberapa zat gizi pada wortel juga ada yang bertindak sebagai molekul antioksidan.

Senyawa karotenoid dalam wortel, seperti beta-karoten dan alfa-karoten, menjadi zat gizi kunci yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk melawan kanker. Manfaat wortel lainnya juga bersumber pada kandungan vitamin, termasuk vitamin C dan A.

Sebaiknya tidak dilewatkan, ini manfaat wortel untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan risiko kanker prostat

Para ahli menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi karetonoid dengan penurunan kanker prostat. Walau begitu, riset lanjutan masih sangat diperlukan, untuk menggali hubungan sebab-akibatnya.

2. Melawan kanker usus besar

Menurut ahli di Jepang, rajin mengonsumsi beta-karoten dapat menurunkan risiko kanker kolorektal. Kanker kolororektal adalah kanker yang tumbuh di usus besar bagian akhir, atau pada bagian usus besar yang dekat ke anus.

3. Mengurangi risiko leukemia

Penyakit leukemia terjadi akibat produksi sel darah putih (leukosit) yang abnormal dan berlebihan. Manfaat wortel lainnya yang dipercaya ahli yakni mengurangi risiko terhadap penyakit tersebut.

Berdasarkan sebuah studi, rutin mengonsumsi jus wortel dapat mengurangi risiko leukemia, serta menghambat perkembangannya.

4. Menjaga kesehatan mata

Tak hanya kaya akan karetonoid, wortel juga mengandung vitamin A. Seperti yang kita tahu, vitamin A sangat bermanfaat untuk mata.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan berbagai gangguan. Misalnya, kebutaan pada anak-anak, atau xeropthalmia, yang merupakan penyakit mata progresif penyebab kebutaan di malam hari.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Wortel juga memiliki potensi manfaat untuk meningkatkan sistem imun, karena vitamin C yang terkandung di sayuran ini. Dengan demikian, wortel diyakini mampu melawan infeksi. Tak hanya itu, vitamin C juga mencegah keparahan pilek.

6. Menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah

Mengonsumsi makanan berserat tinggi, serta mencukupi kebutuhan kalium, dapat melindungi jantung, serta menjaga tekanan darah. Di sinilah khasiat dan manfaat wortel yang sangat potensial, karena sayuran ini kaya dengan serat serta kalium.

7. Mencegah diabetes

Wortel mengandung molekul-molekul antioksidan, yang dipercaya dapat mengendalikan gula darah. Selain itu, indeks glikemik sayuran oranye ini tergolong rendah, yakni 39.

8. Menurunkan kolesterol

Tak hanya tekanan darah tinggi yang dapat menjadi pemicu penyakit jantung. Kolesterol yang tinggi pun dapat menyumbat pembuluh darah jantung, sehingga harus dikendalikan.

Khasiat dan manfaat wortel yang potensial juga dipercaya untuk membantu agar kolesterol tak menjadi gangguan pada sistem pembuluh darah.

9. Mengurangi berat badan

Bagi yang saat ini tengah berusaha menurunkan berat badan, rutin mengonsumsi wortel dapat menjadi cara mudah. Sebab, wortel memiliki kalori yang tergolong sedikit, serta dapat memberikan sensasi mengenyangkan.

Dengan demikian, mengganti wortel sebagai sayuran saat makan, serta menjadikannya sebagai camilan sehat, dapat diterapkan.

Wortel memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan, serta tergolong aman untuk dikonsumsi.

Permasalahan yang mungkin muncul, yakni konsumsi wortel mungkin menimbulkan alergi bagi beberapa orang, serta adanya potensi kontaminasi dari tanah yang tercemar logam.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/29/083527220/manfaat-wortel-untuk-kesehatan-agar-hidup-lebih-berwarna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke