Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kiat Menyiapkan MPASI Anti Ribet ala Zee Zee Shahab

JAKARTA, KOMPAS.com - Orangtua mulai memperkenalkan makanan pengganti ASI (MPASI) ketika anak memasuki usia 6 bulan.

Tak sedikit ibu yang merasa kesulitan ketika memasak MPASI untuk anaknya. Padahal, MPASI yang sehat dan nikmat tetap bisa disiapkan secara praktis, lho.

Aktris dan ibu dua anak Zee Zee Shahab berbagi kiat memersiapkan MPASI tanpa ribet. Salah satu caranya ada mempersiapkan makanan yang sama dengan anggota keluarga lainnya.

Agar anak tetap sehat, tentunya anggota keluarga lainnya juga perlu menerapkan pola makan sehat.

"Buat MPASI harus yang kita juga makan, supaya enggak ribet."

Demikian diungkapkan Zee Zee ketika menghadiri peluncuran Sugarbaby Healthy Silicone Feeding Set di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020).

Perempuan kelahiran 31 Maret 1988 itu mencontohkan sayur bayam dan sup yang cenderung aman untuk dikonsumsi sebagai MPASI, tapi di sisi lain juga disukai anggota keluarga lainnya.

Namun, jika anggota keluarga lainnya ingin mengonsumsi makanan yang cukup sulit dikonsumsi sebagai MPASI, seperti steak, anak bisa diberi kentang goreng dan sedikit bumbu steak.

"Jadi memang dibikin simple aja," tuturnya.

Ketika bepergian, Zee Zee berusaha mengurangi makanan atau bumbu instan karena berpotensi membuat anak ketergantungan dengan rasanya.

"Jadi kalau pergi di luar mending beli makan, misalnya sedang makan di restoran Sunda, kita bisa pilih supnya, makan nasi pakai ayam," ucapnya.

Tak lupa, artis yang pernah tergabung dalam Lenong Bocah itu memastikan gizi dan kebutuhan anak terpenuhi sehingga pertumbuhan dan perkembangannya berjalan dengan optimal.

"Setiap bulan harus ada perkembangan, entah berat badan atau tinggi badan bertambah, motorik berkembang, dan lainnya," kata dia.


MPASI diberikan setelah anak melewati masa pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan.

Dalam pemberian MPASI, pastikan orangtua tetap memerhatikan pedoman gizi seimbang untuk menjamin kebutuhan gizi anak terpenuhi.

Menurut dr. Fransisca Handy, Sp.A dari Siloam Hospital Lippo Village Tangerang, dalam pemberian MPASI, pastikan makanan memenuhi "empat bintang", yaitu karbohidrat, protein hewani dan nabati, sayur-sayuran, serta buah-buahan.

Pastikan komposisinya seimbang dengan tidak memberikan karbohidrat dalam porsi terlalu besar.

Selain mempertimbangkan porsi dan gizi, interaksi anak dan orangtua dalam pemberian MPASI juga menjadi faktor penting lainnya.

Jangan lupa pula untuk menciptakan suasana yang menyenangkan, agar anak mau makan serta beri kesempatan anak untuk mencoba.

"Beri anak ruang untuk belajar, mencoba dan berbuat salah," kata Fransisca.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/04/184519720/kiat-menyiapkan-mpasi-anti-ribet-ala-zee-zee-shahab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke