Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Sup Bernutrisi Tinggi untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

JAKARTA, KOMPAS.com - Pola makan yang sehat adalah salah kunci menjaga daya tahan tubuh yang baik di tengah mewabahnya virus corona seperti saat ini.

Ada banyak pilihan makanan yang bisa kita konsumsi untuk mendukung daya tahan tubuh dan melawan kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Termasuk salah satunya adalah sup.

Sup bagi sebagian orang sudah lama dikenal sebagai "pereda flu" yang ampuh. Untuk mempercepat pemulihan penyakit, kita perlu mengonsumsi sup yang bernutrisi. Namun, sup seperti apa yang dibutuhkan?

Ahli gizi dari KALCare, Beti Dwi Suryandari, S.Gz menyebutkan, sup yang memenuhi nutrisi tubuh adalah sup dengan minimal tiga jenis sayur berwarna cerah di dalamnya.

Sayur-sayuran dengan warna mencolok dinilai memiliki kandungan antioksidan tinggi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

"Contohnya wortel, tomat, brokoli, labu kuning, dan lain-lain," kata Beti dalam sesi KALCare Kuliah Whatsapp bertajuk "Tetap Bekerja dengan Sehat di Tengah Wabah Virus Corona", Selasa (24/3/2020).

Beti mengingatkan, konsumsi sayur dalam satu hari dianjurkan memenuhi tiga sampai empat porsi. Hal ini sesuai dengan anjuran Tumpeng Gizi Seimbang.

Adapun satu porsi kurang lebih sama dengan ukuran satu mangkuk penuh sayur.

Jangan lupa, bumbu juga mengambil peran yang cukup besar. Perhatikan gula, garam dan lemak atau minyak yang digunakan.

Usahakan tetap memerhatikan batasan yang diatur oleh Kementerian Kesehatan, yakni maksimal 50 gram (4 sendok makan) gula, 2000mg garam (1 sendok teh) dan 67 gram (5 sendok makan) lemak per hari.

"Bila masih bisa diusahakan dengan bumbu alami maka bisa pilih bumbu alami daripada bumbu instan. Hal ini bertujuan untuk menghindari kandungan natrium berlebih dan bahan tambahan pangan lainnya," katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/25/091434420/resep-sup-bernutrisi-tinggi-untuk-menjaga-daya-tahan-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke