Salin Artikel

Kopi Dalgona Sudah, Kini Giliran Cokelat Dalgona, Coba Yuk...

Masa isolasi di tengah pandemi virus corona, bisa jadi merupakan salah satu pemicu bagi banyak orang untuk melakukan hal kreatif di rumah, termasuk dalam urusan kuliner. 

Buktinya, di ada puluhan ribu ungahan foto di Instagram yang mengunakan tanda pagar (tagar) #dalgonacoffe.

Lalu di jejaring berbagi video Youtube pun videocara pembuatan minuman ini merajai trending topic dan mendapat jutaan penonton.

Dalam artikel ini akan dibahas kelanjutan dari kreasi yang sama dengan menukar kopi dengan cokelat ke dalam racikannya.

Jika kamu adalah pencinta kakao, kamu tentu tak akan ragu menambahkan cokelat ke dalam resep asli dalgona coffee demi cita rasa berbeda.

Namun, demi mendapatkan tegukan yang benar-benar manis, berikut ini adalah cara yang mungkin bisa dipelajari sebelum kamu membuat dalgona dengan cokelat.

Jika kamu belum mengikuti tren, maka kamu mungkin ingin melihat video TikTok @iamhannahcho yang dibagikan kembali pada bulan Maret lalu.

Dalam rekaman itu ditunjukkan tiga bahan yang dikombinasikan untuk membuat kreasi tersebut. Sungguh, ternyata ini benar-benar tidak terlalu sulit untuk ditiru di rumah.

Pada resep klasik kopi dalgona dibutuhkan dua sendok makan kopi instan, dua sendok makan gula, dan dua sendok makan air panas yang diaduk sedemikian rupa, sebelum dituangkan di atas susu.

Nah, kini jika kamu menginginkan minuman versi bebas kafein, maka kamu bisa mencoba untuk membuat cokelat dalgona.

Anda hanya perlu menukar kopi dalam resep dengan dua sendok makan bubuk kakao, seperti yang disarankan @joycexhu di video TikTok-nya.

Kamu juga bisa menggunakan empat sendok makan susu alih-alih air panas jika menginginkan tekstur yang lebih lembut yang akan mengingatkan kita pada kreasi cokelat panas.

Namun, masih ada pula kopi mocha dalgona juga merupakan pilihan baik untuk pecinta kakao yang ingin tetap menjaga sentakan dari kopi instan.

Pengguna Twitter @Nathan_fellicia dan @Mrs_DongJun mengunggah dua pilihan variasi tersebut.

Resep utama tetap sama, tetapi kamu akan membuat kopi rasa moka dengan menambahkan bubuk kakao sesuai selera.

Menambahkan satu sendok makan adalah titik awal yang baik, dan kamu dapat menyesuaikan untuk mendapatkan hasil akhir yang diharapkan.  

Kopi dolgana plus cokelat dan boba

Selanjutnya, jika hanya ingin sedikit cokelat di atas kreasi minuman ini, maka kamu bisa membuat boba sendiri untuk ditambahkan ke dalam kopi dalgona tersebut.

Pengguna TikTok @jadynjhh merekam prosesnya, termasuk langkah ekstra untuk merebus butiran tapioka sendiri, dan menambahkan sedikit madu untuk mempermanis minuman.

Setelah selesai membuat bulatan boba, kamu harus meletakkannya di bagian bawah gelas sebelum menuangkan susu.

Terakhir, kamu bisa menambahkan campuran kopi tadi, dan melengkapi semua itu dengan whipped cream dan keripik coklat, tentu saja.

Dengan begitu banyak cara untuk menyiapkan minuman ini bukan? Kamu bisa menyesap variasi kopi dalgona yang berbeda setiap pagi.

Selamat mencoba...

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/08/105812720/kopi-dalgona-sudah-kini-giliran-cokelat-dalgona-coba-yuk

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.