Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Jus Sayur yang Bisa Membantu Diet, Sudahkah Kamu Mencobanya?

KOMPAS.com - Cara menurunkan berat badan merupakan topik yang selalu menarik untuk dibahas.

Ada banyak tips dan trik yang bisa menajadi pilihan demi mewujudkan mimpi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Salah satunya adalah dengan jus sayur untuk diet, yang tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.

Jika diracik dengan benar, jus sayur segar dapat menyediakan nutrisi-nutrisi penting bagi tubuh, seperti vitamin, mineral, serat, hingga antioksidan.

Namun, sebelum mencoba berbagai macam jus sayur untuk diet ini, ada baiknya kita kenali dulu penjelasan ilmiah bagaimana cara jus ini bekerja dalam menurunkan berat badan.

Jus sayur untuk diet yang beragam

Meminum jus sayur untuk diet secara rutin sambil menjalani pola makan yang sehat, akan membawa banyak keuntungan bagi kesehatan.

Selain dapat membantu meraih berat badan ideal, berbagai jus sayur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Berikut ini adalah berbagai jus sayur untuk diet yang bisa kita coba untuk menurunkan berat badan.

1. Jus wortel

Wortel adalah sayuran rendah kalori tetapi tinggi serat. Mengonsumsi jus wortel dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama setelah makan. Sehingga, nafsu makan berlebih pun dapat dicegah.

Ditambah lagi, jus wortel dapat meningkatkan sekresi empedu dan membantu tubuh membakar lemak berlebih.

2. Jus pare

Bayangan sebagian orang mengenai pare mungkin kurang baik dan tidak menggugah selera karena rasanya yang pahit.

Namun jangan salah, pare dapat dibuat menjadi jus sayur untuk diet yang ampuh turunkan berat badan.

Faktanya, mengonsumsi jus pare secara rutin dapat membantu organ hati mengeluarkan asam empedu yang diperlukan untuk memetabolisme lemak. Ditambah lagi, jus sayur untuk diet ini rendah akan kalori.

3. Jus labu air

Dalam dunia pengobatan tradisional India (Ayurveda), jus labu air dipercaya dapat menurunkan berat badan dengan cara menyingkirkan lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Kalori yang dimiliki jus labu air juga tergolong rendah. Tidak hanya itu, jus sayur untuk diet ini bahkan tak mengandung lemak.

Namun ingat, belum ada penelitian yang bisa membuktikan keampuhan jus labu air untuk diet. Maka dari itu, berkonsultasilah dulu pada dokter sebelum mencobanya.

4. Jus rumput gandum

Ada dua alasan mengapa jus rumput gandum dianggap dapat menurunkan berat badan. Pertama, jus sayur untuk diet ini mengandung kadar kalium yang tinggi sehingga proses pembakaran kalori dapat berjalan dengan efektif.

Kedua, jus rumput gandum atau wheatgrass juga mengandung kadar serat yang tinggi sehingga rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.

5. Jus kubis

Jus kubis dipercaya bisa menyehatkan sistem pencernaan dan mempercepat proses pembuangan limbah dari tubuh. Maka tidak heran kalau jus ini dianggap sebagai jus sayur untuk diet yang ampuh.

Berbagai macam riset telah membuktikan bahwa sayur yang mengandung serat tinggi dapat membantu menurunkan berat badan.

Kita juga dapat menambahkannya dengan apel dan lemon atau wortel dan buah bit agar rasanya menjadi lebih enak.

6. Jus mentimun

Mentimun dianggap dapat menurunkan berat badan karena mengandung kadar kalori yang sangat rendah. Tidak hanya itu, jus mentimun juga mengandung serat dan air yang tinggi sehingga rasa kenyang lebih tahan lama.

7. Jus lidah biaya

Selain rasanya yang lezat, jus lidah buaya ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Jus lidah buaya dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga melancarkan usaha meraih berat badan ideal.

Tidak hanya itu, jus lidah buaya juga dipercaya bisa menyehatkan rambut dan kulit agar tetap berkilau dan terhindar dari berbagai penyakit.

8. Jus seledri

Mengonsumsi jus seledri secara rutin dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Sebab, jus sayur untuk diet ini dapat mengurangi asupan kalori harian sehingga berat badan bisa dipangkas.

Ditambah lagi, jus seledri memiliki efek diuretik sehingga dapat melancarkan pembuangan urine.

9. Jus brokoli

Jus brokoli mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, mulai dari kalium hingga vitamin A.

Tak hanya itu, sayuran lezat ini juga mengandung kaempferol, yakni komponen antioksidan yang bisa melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Kandungan serat dalam jus brokoli juga tinggi. Itulah mengapa jus sayur untuk diet ini dipercaya dapat mendukung usaha menurunkan berat badan, mencegah sembelit, menjaga kestabilan gula darah, dan mencegah nafsu makan berlebih.

10. Jus asparagus

Asparagus biasanya disantap dalam bentuk sup. Namun, tak ada salahnya kita mencoba asparagus dalam bentuk jus karena kandungan nutrisinya yang dianggap ampuh dalam menurunkan berat badan.

Sebuah riset menyatakan bahwa sayuran yang mengandung kadar air tinggi, seperti asparagus, dapat membantu menurunkan berat badan. Perlu diketahui, 94 persen kandungan asparagus adalah air.

Ditambah lagi, asparagus mengandung serat yang tinggi dan diyakini dapat membantu membakar lemak berlebih.

11. Jus bayam

Mengonsumsi jus bayam yang dicampurkan dengan apel dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebab, sayuran berdaun hijau ini mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin E, folat, zat besi, dan serat. 

12. Jus peterseli

Jus peterseli atau parsley mengandung banyak nutrisi seperti vitamin K, A, dan C.

Di samping itu, dalam sebuah riset pada hewan uji, dibuktikan bahwa tikus yang menderita diabetes mengalami penurunan gula darah setelah diberikan ekstrak peterseli. Saat kadar gula darah terjaga kestabilannya, maka berat badan juga akan terjaga.

Tips diet dengan pola makan sehat

Berbagai jus sayur untuk diet di atas tak bisa menurunkan berat badan secara instan. Masih dibutuhkan pola makan yang sehat untuk bisa memaksimalkan proses penurunan berat badan.

Berikut ini adalah berbagai tips yang bisa dicoba untuk membantu meraih berat badan ideal:

  • Perbanyak mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi
  • Mengonsumsi lebih banyak makanan berprotein tinggi
  • Jangan lupakan konsumsi sayur saat makan
  • Konsumsilah berbagai macam buah secara rutin
  • Jaga keseimbangan porsi makan
  • Minum air lebih teratur
  • Ketahui kebutuhan kalori dan nutrisi Anda per harinya.

Dengan mengikuti berbagai tips di atas, diharapkan usaha dalam menurunkan berat badan akan membuahkan hasil yang optimal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/11/114413420/12-jus-sayur-yang-bisa-membantu-diet-sudahkah-kamu-mencobanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke