Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makanan yang Bikin Jerawat Tambah Parah

KOMPAS.com— Di antara semua jenis masalah kulit, jerawat adalah masalah utama yang dialami setiap orang, baik pria atau wanita.  Beberapa diantara kita mungkin sudah melakukan perawatan kulit, namun jerawat tak kunjung pergi.

Rupanya, jerawat tak melulu tentang perawatan kulit bagian luar saja, melainkan juga bagaimana kita mengontrol asupan makanan.

Beberapa jenis makanan tertentu diketahui dapat memperparah kondisi jerawat. Penelitian menyebut, mengurangi makanan dengan indeks glikemik tinggi (makanan yang dengan cepat menaikkan kadar gula darah), secara signifikan juga akan mengurangi jerawat.

Berikut adalah lima makanan yang justru bisa memperparah jerawatmu:

1. Susu skim

Menurut penelliti, rutin mengonsumsi susu rendah lemak atau sering disebut susu skim memiliki kaitan dengan jerawat. Orang yang tidak toleran laktosa juga bisa mengalami masalah kulit karenanya.

Susu akan meningkatkan hormon pertumbuhan yang membuat ketidakseimbangan dalam hormon tubuh yang menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat. 

2. Putih telur

Kita selalu mendengar kebalikannya bahwa kuning telur buruk bagi kesehatan. Itu adalah mitos nutrisi dan itu juga tidak mempengaruhi kolesterol dalam darah.

Kuning telur penting untuk kulit karena memiliki Vitamin B yang mempercepat penyembuhan jerawat, kulit kering dan ruam. Jadi, orang dengan masalah jerawat mungkin sebaiknya hanya mengasup bagian kuning telurnya saja.

3. Mayones

Mayones mengandung minyak kedelai yang bersifat inflamasi dan mengandung isoflavon. Kedelai dapat bertindak seperti estrogen dalam tubuh kita.

Jadi, ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan jerawat bermunculan. Gangguan hormon juga menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak.

Hindari juga beberapa produk yang mengandung minyak kedelai dengan membaca kemasan produk sebelum membeli.

4. Roti putih

Roti putih, pasta, nasi putih, sereal, dan karbohidrat lain dapat mempercepat proses penuaan yang menyebabkan jerawat dan beberapa masalah kulit lainnya.  Makanan ini juga dapat memengaruhi kadar gula darah dan insulin karena termasuk dalam jenis makanan dengan indeks glikemik tinggi. 

5. Konsumsi daging berlebih

Konsumsi daging yang berlebihan dapat memengaruhi sistem pencernaan kita yang menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Mereka yang menjalankan pola makan nabati melaporkan mengalami lebih sedikit masalah kulit karena sayuran dan buah kaya akan antioksidan, serat, dan mineral.

Beberapa makanan lain yang menyebabkan jerawat akan lebih parah adalah makanan cepat saji, minuman energi, alkohol, pizza, soda dan deretan makanan tak sehat lainnya.


https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/06/153747920/makanan-yang-bikin-jerawat-tambah-parah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke