Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Tak Hanya Atasi Batuk

Selain untuk masakan, buah ini juga kerap dijadikan obat alami. Salah satu penggunaan paling populer adalah mengatasi batuk dan sakit tenggorokan.

Namun, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan ternyata sangat banyak.

Menurut buku Khasiat Ajaib Jeruk Nipis: dari A-Z untuk Kesehatan & Kecantikan yang ditulis oleh Annisa Kurnia (2014), khasiat jeruk nipis utamanya terletak pada kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Setidaknya, ada sembilan manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari buah jeruk nipis, antara lain:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Aroma yang dihasilkan jeruk nipis dapat menggugah selera makan.

Efek positif ini membantu sistem pencernaan primer dan merangsang air liur sebelum tubuh mencicipi makanan yang disajikan.

Senyawa flavonoid yang ditemukan dalam minyak wangi hasil ekstrak jeruk nipis juga dapat merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam, serta gerak peristaltik.

Itulah sebabnya banyak masakan terasa lebih menggugah selera ketika ditetesi perasan jeruk nipis.

Menghirup jus jeruk nipis atau potongan jeruk nipis juga bisa membantu mengatasi sakit maag dan keasaman dalam perut, sehingga membuat saluran pencernaan lebih tenang dan mengurangi keluhan perut.

2. Sembelit

Asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk nipis dapat membantu membersihkan sistem pembuangan dalam saluran pencernaan.

Serat yang terkandung di dalam jeruk nipis juga membantu meringankan masalah sembelit.

Perasan air jeruk nipis yang ditambahkan dengan garam dapat bertindak sebagai pencahar yang sangat baik, tentunya tanpa disertai efek samping.

3. Gangguan saluran pernapasan

Jeruk nipis dapat membantu mengatasi serangan batuk dan mengencerkan dahak di tenggorokan.

Jeruk nipis dapat mengurangi rasa sakit akibat batuk karena buah ini mengandung vitamin C dan minyak atsiri pada daging buahnya.

Ekstrak minyak pada kulit jeruk nipis, yang mengandung kaempferol dan flavonoid, memiliki sifat antikongestif dan sering digunakan sebagai inhaler, balsem, dan alat uap.

4. Radang mata merah (konjungtivitis)

Konjungtivitis disebabkan adanya perasangan pada bola mata.

Gejala yang timbul berupa mata merah, gatal, berair, atau belekan.

Beberapa penyebabnya seperti iritasi karena polusi, alergi, dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur.

Beberapa tetes perasan jeruk nipis yang sudah diencerkan dengan air hangat pada mata diyakini mampu membantu mengatasi masalah penyakit ini.

Tak hanya untuk masalah konjungtivitis, sifat antioksidan dalam air jeruk nipis juga dapar melindungi mata dari gejala penuaan dan degenerasi makula.

Sementara senyawa flavonoid-nya dapat menbantu melindungi mata dari infeksi dan vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis diyakini mampu melindungi mata dari kerusakan oksidatif.

5. Kolesterol tinggi

Hesperidin adalah flavonoid utama yang ditemukan dalam buah jeruk nipis dan terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida pada subjek hewan yang melakukan diet kolesterol.

Bagaimana dengan manusia?

Untuk mendapatkan manfaat dari hesperidin, kita disarankan untuk mengonsumsi sebanyak mungkin empulur putih yang terdapat pada jeruk nipis.

Jadi, kulit jeruk harus disertakan pada air perasan yang telah diencerkan.

Jangan lupa untuk terlebih dahulu mencuci jeruk nipis sebelum digunakan.

6. Melawan kanker

Ilmuwan J Robert Hatherill, PhD, menulis tentang kemampuan buah jeruk nipis melawan kanker melalui bukunya yang berjudul Eat to Beat Cancer.

Ia mencatat bahwa air perasan jeruk nipis dapat membantu mencegah kanker jika diminum segar atau tanpa diawetkan.

Menurutnya, aktivitas biologis flavonoid di dalam air jeruk nipis memiliki efek antikanker yang mampu mencegah invasi sel kanker hingga menghambat pertumbuhan sel tumor.

7. Anemia dan sifat pelupa

Sifat pelupa dan kurang konsentrasi bisa muncul akibat adanya gejala anemia dalam tubuh.

Tubuh dapat memanfaatkan air perasan jeruk nipis untuk mengatasinya.

Kandungan vitamin C yang terkandung di dalam jeruk nipis membantu proses penyerapan zat besi yang ada pada tubuh manusia, sehingga memperkecil timbulnya anemia dan memperlancar suplai darah ke seluruh bagian tubuh, terutama otak sebagai pusat informasi.

8. Kesehatan wanita

Kandungan asam folat dan kalsium di dalam jeruk nipis membantu menjaga kesehatan para wanita di usia subur dan pascamenopause.

Untuk gambaran, sebuah jeruk nipis segar mengandung sekitar 22 miligram kalsium dan lebih dari 5 mikrogram folat.

9. Penyakit gusi

Akar penyakit gusi adalah kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin C dalam tubuh menyebabkan gusi mudah berdarah, berongga, dan memudahkan munculnya pertumbuhan mikroba pada mulut.

Salah satu mengatasi penyakit ini adalah dengan mengonsumsi jeruk nipis yang kaya akan vitamin C.

Kandungan senyawa flavonoid di dalamnya juga dapat membantu menghambat pertumbuhan mikroba, membantu menyembuhkan luka atau bisul dan menghentikan pendarahan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/08/211400320/9-manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan-tak-hanya-atasi-batuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke