Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Manfaat Buah Nanas, Bisa Juga Bantu Turunkan Berat Badan

Buah nanas, misalnya, dianggap ampuh membantu menurunkan berat badan.

Bahkan, ada sebuah video TikTok tentang "pineapple diet (diet nanas)" yang mengundang perhatian banyak pengguna platform media sosial tersebut.

Dalam video TikTok yang diunggah oleh akun @catcasas, disebutkan bahwa makan nanas bisa membantu menurunkan berat badan beberapa kilogram dalam periode singkat.

Co-founder Culina Health di New York City, Vanessa Rissetto, MS, RD mengatakan kepada Women's Health, mungkin saja nanas bisa membantu menurunkan berat badan. Lebih jauh, ia menjelaskan beberapa manfaat nanas yang bisa kita dapatkan, termasuk jika memiliki target menurunkan berat badan:

1. Rendah kalori

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), satu porsi nanas mengandung sekitar 82 kalori, dengan 21 gram karbohidrat.

Meski mengandung sejumlah karbohidrat, bukan berarti buah ini buruk untuk kesehatan. Sebab, karbohidrat adalah sumber bahan bakar untuk tubuh.

Namun, bagi orang yang sedang menjalankan pola makan rendah karbohidrat, pastikan konsumsi nanas tidak mengganggu pola diet.

2. Mengandung bromelain

Bromelain adalah enzim yang dapat membantu memecah protein dan meningkatkan penyerapan nutrisi tertentu.

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan, jus nanas dapat membantu mengurangi pembentukan lemak pada tikus yang diteliti.

Tentu saja manusia jauh lebih kompleks daripada tikus, jadi hasil ini mungkin hanya dapat dijadikan temuan awal.

Sementara itu, ahli gizi Ilyse Schapiro R.D. menjelaskan dalam laman Men's Health bahwa bromelain berfungsi sebagai protease, enzim yang memecah molekul protein menjadi bahan penyusunnya, seperti asam amino dan peptida kecil.

Setelah dipecah, protein menjadi lebih mudah diserap di usus kecil.

3. Tinggi serat

Serat berperan besar dalam membantu penurunan berat badan. Itulah mengapa seseorang yang punya target menurunkan berat badan sering sekali dianjurkan untuk memperbanyak makanan tinggi serat.

Menurut USDA, satu porsi nanas mengandung sekitar 2,3 gram serat. Sementara anjuran konsumsi serat per hari dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah setidaknya 25 gram per hari.

Menurut penelitian tahun 2019 yang dipublikasikan lewat The Journal of Nutrition, menambah konsumsi serat dapat membantu memberikan perubahan lebih terhadap penurunan berat badan, terlepas dari asupan kalori atau makronya.

"Serat dicerna secara perlahan oleh tubuh. Makan makanan tinggi serat membantu kita lebih mudah kenyang,” kata penulis The Small Change Diet, Keri Gans, MS, RDN.

Menurut Rissetto, serat dalam nanas juga membantu memperlancar pencernaan dan dapat bertindak sebagai pencahar alami.

4. Menghidrasi tubuh

Tentu saja cara terbaik untuk menghidrasi tubuh adalah dengan minum air dalam jumlah cukup.

Namun, mengonsumsi nanas dapat membantu tubuh mendapatkan cairan lebih.

Menurut Keri Gans, nanas terdiri dari 86 persen air sehingga dapat membantu menambah hidrasi tubuh.

Lalu, apa kaitannya dengan usaha diet? Menghidrasi tubuh lebih banyak dapat menjaga seseorang dari perilaku makan berlebihan.

Sebab, tubuh sering kali keliru mengenali sinyal rasa haus dan malah menganggapnya sebagai sinyal rasa lapar.

"Sering kali ketika seseorang mengalami dehidrasi, tubuh malah mengira itu adalah rasa lapar," katanya.

5. Sumber mangan

Mangan adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik dan memproses makanan yang kita konsumsi.

Seporsi nanas mengandung sekitar 1,5 miligram mangan. Ini hampir memenuhi rekomendasi asupan mangan harian kita.

Menurut Rissetto, mangan dapat membantu tubuh mengatur metabolisme lemak dan karbohidrat.

6. Anti-peradangan

Selain untuk membantu menurunkan berat badan, nanas juga diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan lain, di antaranya:

Nanas kaya akan vitamin C. Menurut USDA, seporsi nanas mengandung sekitar 78,9 miligram vitamin C. Ini lebih dari jumlah anjuran asupan vitamin C harian.

Kandungan vitamin C yang tinggi ini dapat mengurangi risiko sejumlah masalah kesehatan yang berkaitan dengan peradangan, termasuk jenis kanker tertentu dan penyakit jantung.

7. Kaya vitamin dan mineral

Tak hanya kaya vitamin C dan mangan, buah nanas juga mengandung vitamin dan mineral lain yang baik untuk tubuh, di antaranya vitamin B6, tembaga, tiamin (vitamin B1), folat, kalium, magnesium, niasin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), hingga zat besi.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C di dalam nanas juga bisa membantu melawan bakteri dan virus, meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Namun, tentunya makan nanas saja tidak cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Penting untuk melengkapinya dengan sumber makanan bergizi lainnya serta menjalani gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Nanas untuk menurunkan berat badan

Jadi, apakah benar nanas membantu menurunkan berat badan?

Termasuk bagaimana kita mampu menjaga porsi makan tetap moderat.

Namun, nanas dengan rasa yang manis dapat membantu menekan keinginan kita untuk makan makanan manis lain yang tidak sehat, seperti es krim, kue, dan lainnya, sehingga kita bisa menjaga asupan kalori tetap ideal.

Untuk menurunkan berat badan, salah satu saran penyajian nanas yang disarankan oleh Rissetto adalah memadukannya dengan sumber protein atau lemak sehat, seperti keju atau kacang-kacangan.

Camilan sehat ini dapat membantu memperlambat pencernaan dan menstabilkan gula darah sehingga kita lebih cepat kenyang dan kenyang lebih lama.

Kita juga bisa menambahkan potongan nanas ke dalam yogurt plain.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/29/110348820/8-manfaat-buah-nanas-bisa-juga-bantu-turunkan-berat-badan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke