Salin Artikel

Dua Karya Terkenal Basquiat Kembali Menghiasi Sepatu Dr. Martens

KOMPAS.com - Dua karya pelukis Michel Basquiat yang paling terkenal kembali akan menghiasi sepatu Dr. Martens. Ini adalah kolaborasi kedua, menindaklanjuti kerjasama perdana keduanya pada Juli 2020.

Karya Basquiat berjudul Untitled (1982) akan dicetak di sepatu bot Dr. Martens seri 1460, sedangkan lukisan Pez Dispenser diterapkan pada sepatu 1461.

Hasilnya, warna-warna Basquiat yang cerah, berani, dan kuat tampak mendominasi kulit hitam Dr. Martens.

Karya Untitled menutupi seluruh panel belakang sepatu bot 1460, sementara hiasan mahkota khas Basquiat muncul di belakang sepatu di atas tumit.

Pada bagian bawah sol sepatu, kita juga bisa melihat mahkota tersebut secara transparan.

Selain sepatu, koleksi kali ini juga menampilkan tas punggung kulit hitam dengan cetakan penuh warna dari lukisan Untitled.

Kolaborasi ini melengkapi koleksi Dr. Martens yang dalam beberapa bulan terakhir melakukan kerjasama dengan banyak seniman dan brand lain.

Koleksi Jean-Michel Basquiat x Dr. Martens akan dirilis pada 3 Juli melalui toko web Dr. Martens dan pengecer tertentu.

Karya Basquiat merupakan gabungan antara gambar, puisi, dan lukisan, yang dikawinkan dengan teks. Bentuk-bentuk dan figur abstrak dalam karyanya kerap berisi kritik kontemporer.

Salah satu lukisan Jean-Michel Basquiat berjudul Untitled yang diterapkan pada sepatu Dr. Martens, menggambarkan kepala mirip tengkorak, menggunakan cat akrilik, dan cat semprot di kanvas raksasa, tercatat sebagai lukisan termahal di dunia sepanjang abad ke-20.

Seorang kolektor asal Jepang, Yusaku Maezawa, membeli lukisan tersebut seharga 110,5 juta dollar AS atau setara dengan Rp 1,48 triliun, dalam rumah lelang Sotheby New York, tanggal 18 Mei 2017.

Sayangnya rekor itu tercapai lama setelah Basquiat meninggal pada 12 Agustus 1988 karena overdosis heroin di studio seninya di New York City.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/01/213418420/dua-karya-terkenal-basquiat-kembali-menghiasi-sepatu-dr-martens

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.