Salin Artikel

Hati-hati, Minum Soft Drink Bisa Memperlambat Metabolisme

KOMPAS.com - Banyak orang mengetahui fakta bahwa soft drink merupakan minuman yang tidak baik untuk kesehatan.

Minuman ini juga telah dikaitkan dengan risiko obesitas dan banyak masalah kesehatan lain karena kandungan gula yang berlebihan.

Walau begitu, kandungan kafein pada soft drink dipercaya mampu meningkatkan laju metabolisme dan dapat meningkatkan pengeluaran energi saat istirahat. 

Sayangnya, itu bukan efek utama kebanyakan soft drink pada metabolisme. Sebaliknya, gula tambahan di dalamnya justru dapat memperlambat metabolisme tubuh.

Memperlambat metabolisme

Sebuah studi menunjukkan bahwa tidak semua gula diciptakan sama dalam hal mengganggu metabolisme.

Namun, gula yang sering digunakan dalam soft drink atau fruktosa tampaknya menjadi salah satu penyebab metabolisme melambat.

Apalagi, sebagian besar kandungan fruktosa di dalam soft drink relatif tinggi yakni sekitar 55 persen.

Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa orang yang minum minuman manis fruktosa secara signifikan metabolisme mereka melambat dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi minuman manis fruktosa.

Ketika fruktosa melewati sistem pencernaan, itu akan berakhir di hati, di mana fruktosa diubah menjadi lemak yang meningkatkan kadar trigliserida.

Alhasil, terlalu banyak kalori dalam soda dan trigliserida tinggi dapat membuat kenaikan berat badan dan gangguan sindrom metabolik.

Adapun gangguan metabolik ini menempatkan kita pada risiko penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dan stroke yang lebih besar.

Risiko penyakit yang lebih tinggi

Konsumsi makanan tinggi fruktosa dari soft drink dan makanan manis lain berkontribusi menaikkan berat badan dan memperlambat metabolisme.

Sebab, trigliserida dari fruktosa menumpuk di hati, sehingga dapat merusak fungsi hati atau memicu penyakit hati berlemak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan fruktosa yang tinggi juga bisa menyebabkan hipertensi.

Kendati demikian, ini bukan berarti kita tidak boleh minum soft drink sama sekali. Tetapi, batasi konsumsinya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/06/111208520/hati-hati-minum-soft-drink-bisa-memperlambat-metabolisme

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.