Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui, 5 Makanan untuk Tekanan Darah Rendah

Meski begitu, periode tekanan darah rendah yang panjang dan disertai gejala dapat menjadi perhatian.

Beberapa makanan untuk tekanan darah rendah bisa membantu untuk meningkatkan tekanan darah.

Menurut Mayo Clinic, tekanan darah rendah yang tidak normal dapat menyebabkan pusing dan pingsan. Pada kasus yang parah, tekanan darah rendah juga bisa mengancam jiwa.

Tekanan darah rendah adalah kondisi ketika pembacaan tekanan darah lebih rendah dari 90 mm Hg untuk sistolik atau 60 mm Hg untuk diastolik.

Penyebab tekanan darah rendah bervariasi, termasuk dehidrasi, kekurangan nutrisi tertentu, konsumsi obat-obatan, dan gangguan medis serius yang mendasari.

  • Pusing
  • Pingsan
  • Kehilangan pengelihatan
  • Mual
  • Kelelahan
  • Kurang konsentrasi

Tekanan darah rendah ekstrem bisa memicu kondisi yang mengancam jiwa. Tanda dan gejala tekanan darah rendah ekstrem antara lain:

Makanan untuk tekanan darah rendah

Penting untuk mengetahui penyebab tekanan darah yang dialami oleh seseorang. Hal tersebut dapat membantu menentukan makanan atau minuman mana yang bermanfaat untuk dikonsumsi.

Untuk mengetahuinya secara pasti, penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Berikut sejumlah makanan untuk tekanan darah rendah yang perlu diperhatikan, termasuk jika ada minuman atau cairan yang perlu dikonsumsi atau dihindari:

Menurut Healthline, dehidrasi dapat menurunkan volume darah dan menjadi salah satu penyebab tekanan darah rendah.

Jadi, menjaga tubuh tetap terhidrasi penting, termasuk ketika berolahraga.

Dokter merekomendasikan orang-orang dengan tekanan darah rendah minum sekitar delapan gelas atau sekitar dua liter per hari.

Kita juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air, seperti semangka, mentimun, tomat, dan selada.

Beberapa makanan tinggi akan B-12 seperti telur, sereal terfortifikasi, dan daging.

Asupan garam yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah. Untuk itu, garam bisa dikonsumsi sebagai salah satu makanan untuk tekanan darah rendah.

Beberapa cara melakukannya, menurut Medical News Today:

Sumber kafein dapat meningkatkan tekanan darah secara sementara dengan menstimulasi sistem kardiovaskular dan detak jantung.

Namun, penelitian mengatakan bahwa kopi bisa secara sementara meningkatkan tekanan darah pada orang-orang yang tidak meminumnya secara rutin.

Beberapa makanan dan minuman yang mengandung kafein, termasuk cokelat, teh, dan beberapa minuman berenergi.

  • Makan dalam porsi kecil lebih sering: makan porsi besar akan menyebabkan penurunan tekanan darah yang lebih dramatis karena tubuh bekerja lebih keras untuk mencerna makanan.
  • Jika berolahraga di luar ruangan dengan cuaca panas yang ekstrem, pastikan mengambil jeda berkala dan meningkatkan asupan cairan.
  • Menghindari menghabiskan waktu terlalu lama di sauna, tempat mandi air panas, dan ruanng uap karena dapat menyebabkan dehidrasi.
  • Mengubah posisi tubuh, seperti berdiri, secara perlahan.
  • Menghindari terlalu lama berbaring

Risiko tekanan darah rendah

Banyak orang belum menyadari risiko tekanan darah rendah.

Menurut MedicineNet, tekanan darah rendah bisa menyebabkan masalah serius jika tak tertangani. Tekanan darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan:

  • Pengelihatan kabur
  • Sakit kepala
  • Palpitasi jantung
  • Mual

Tekanan darah yang terus turun merupakan keadaan darurat medis. Tekanan darah yang sangat rendah dapat membuat organ vital tidak menerima oksigen dan dapat menyebabkan syok.

Jika memiliki pembacaan tekanan darah rendah secara konsisten tetapi merasa baik-baik saja, dokter kemungkinan hanya akan melakukan pemantauan selama pemeriksaan rutin.

Bahkan, sakit kepala sesekali atau sakit kepala ringan mungkin merupakan masalah yang relatif kecil, misalnya akibat dehidrasi ringan karena terlalu banyak berada di bawah sinar matahari atau bak mandi air panas.

Namun, penting untuk menemui dokter jika memiliki gejala tekanan darah rendah karena dapat menunjukkan masalah yang lebih serius.

Akan sangat membantu jika kita mencatat gejala yang muncul, kapan gejala itu terjadi dan apa yang biasa dilakukan ketika gejala muncul.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/04/155453520/ketahui-5-makanan-untuk-tekanan-darah-rendah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke