Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Kucing Tidak Suka Makanan Kering?

KOMPAS.com - Kenapa kucing tidak suka makanan kering bisa disebabkan banyak hal, termasuk alasan sederhana seperti bosan dengan rasa dan tekstur makanan kering yang selama ini dimakan atau bisa juga karena adanya masalah kesehatan tertentu.

Ada kalanya kucing tidak suka makanan kering. Sama seperti manusia, beberapa kucing juga punya kecenderungan suka pilih-pilih makanan.

Ini bisa saja terjadi meskipun kucing sebelumnya sempat mau makanan kering tersebut.

Mengetahui alasan kenapa kucing tidak suka makanan kering seperti biasa juga bisa membantu kita menemukan masalahnya dan menemukan solusi yang tepat.

Kenapa kucing tidak suka makanan kering

Berikut beberapa alasan yang mungkin dapat menjelaskan kenapa kucing tidak suka makanan kering:

Kucing adalah karnivora dan makanan basah lebih terasa seperti daging segar.

Makanan kucing basah juga memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada makanan kering yang cenderung lebih tinggi karbohidrat.

Seperti diketahui, kucing harus mengonsumsi banyak protein sebagai sumber nutrisi utama.

Jika air yang tersedia tidak cukup segar dan bersih atau tidak tersedia air sama sekali, mungkin itu yang menjadi penyebab kenapa kucing tidak suka makanan kering yang biasa dimakannya.

Sekalipun bukan karena alasan minum, kucing liar pun terbiasa mengubah pola makannya sepanjang waktu.

Jadi, cobalah memberi sedikit variasi pada makanan kucing peliharaan kita. Misalnya, mencampurkan sedikit makanan basah dan kering.

Ketika lingkungan yang nyaman tersebut terganggu, kucing bisa mengartikannya sebagai ancaman dan bisa jadi kehilangan nafsu makan.

Jadi, perubahan lingkungan seperti adanya bayi baru lahir, pindah rumah, atau kehadiran hewan peliharaan baru mungkin menjelaskan kenapa kucing tidak suka makanan kering yang biasa dimakannya.

Membiasakan kucing dengan rutinitas baru membutuhkan waktu, namun akan membantu kucing mendapatkan kembali kenyamanannya dengan lingkungan baru tersebut, termasuk kembali mau makan makanan keringnya.

Ketika kucing menemukan tempat makannya kotor, itu bisa menjadi alasan kenapa kucing tidak suka makanan kering yang biasa dimakannya.

Jika begitu, buang makanan apa pun yang ada di tempat makan tersebut, kemudian cuci wadahnya menggunakan sabun lembut dan tanpa pewangi.

Lalu, isi kembali tempat makan dengan makanan baru yang masih segar.

Ada beberapa bentuk, ukuran, tingkat kekerasan, dan tekstur makanan kering. Beberapa di antaranya spesifik diperuntukkan usia tertentu.

Jadi, jika kita memberikan kucing senior makanan anak kucing, mungkin itulah yang menjadi alasan kenapa kucing tidak suka makanan kering.

Beberapa ras kucing punya makanan kering spesifik yang dibuat khusus. Kucing-kucing dengan wajah datar mungkin lebih menyukai makanan dengan bentuk tertentu yang lebih mudah diambil.

Beberapa kondisi yang mungkin terjadi pada kucing termasuk infeksi dan penyakit seperti kanker, gagal hati, gagal ginjal, dan masalah pencernaan dapat membuat kucing kehilangan nafsu makan.

Semua kondisi ini memerlukan penanganan segera.

Bahkan, masalah gigi seperti penyakit gusi, gigi patah atau rahang yang lemah juga dapat membuat sesi mengunyah makanan kering menjadi aktivitas yang menyakitkan dan membosankan bagi kucing.

Jika kucing secara konsisten menghindari makanan keringnya dan kita sudah mengupayakan banyak cara untuk membuatnya mau makan tetapi tak berhasil, inilah saatnya menemui dokter hewan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/08/165506720/kenapa-kucing-tidak-suka-makanan-kering

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke