Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek Kesehatan Gratis Terbanyak, Guardian Indonesia Cetak Rekor Muri

KOMPAS.com - Guardian Indonesia mencetak rekor baru di Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Rekor yang sukses dipecahkan itu masuk kategori cek kesehatan gratis dengan peserta terbanyak, yaitu 7.725 orang selama lima hari pada 1-5 Juni 2022.

Angka tersebut diprediksi masih terus bertambah karena kampanye cek kesehatan gratis masih berjalan sampai 12 Juni 2022.

"Kami sangat berharap dengan kegiatan ini bisa mengimbau masyarakat untuk lebih peduli dengan kesehatan, yaitu melalui kontrol kondisi kesehatannya secara rutin."

Begitu kata Naresh Kalani, Director of Guardian Indonesia, dalam konferensi persnya di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (7/5/2022).

Terkait rekor yang baru dicetak itu, Senior Manager Muri, Yusuf Ngadri, mengatakan, acara ini patut diapresiasi.

Pasalnya, jumlah peserta yang mendapat cek kesehatan gratis ini terbilang besar sehingga banyak masyarakat yang bisa mendapatkan manfaat dari cek kesehatan terkait sejumlah penyakit.

Namun, di sisi lain, angka tersebut menjadi sebuah keprihatinan baginya. Sebab, jumlah peserta yang mengikuti cek kesehatan gratis itu kebanyakan orang-orang yang kurang peduli untuk periksa kesehatan secara berkala.

"Ternyata masyarakat masih banyak yang kurang peduli dengan kondisi kesehatannya."

"Ketika ditanya apakah mereka rutin cek kesehatan secara berkala. Sekurang-kurangnya mereka itu jarang melakukannya." tegas dia.

Kendati demikian, Muri tetap menghargai dan mencatatnya sebagai rekor pelayanan cek kesehatan gratis dengan peserta terbanyak.

"Semoga bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk tidak jemu mengedukasi agar lebih peduli dengan kondisi kesehatannya." papar Yusuf.

Lebih lanjut soal penyelenggaraan cek kesehatan gratis tersebut merupakan rangkaian dari kampanye "Pilihan Cerdas untuk Sehat" demi meningkatkan kesadaran masyarakat soal pentingnya menjaga kesehatan.

Terkait dengan cek kesehatan, Guardian Indonesia menyediakan praktisi kesehatan dan alat pemeriksaan kadar gula darah, tekanan darah, kolesterol, dan asam urat.

Agenda tersebut berlangsung di 99 Guardian berlisensi apotek di Jabodetabek, IKEA Jakarta Garden City, dan Guardian Mobile Van Health Check selama periode 1–7 Juni 2022.

Kemudian, ada pula di Guardian Health Exhibition di Mall Kota Kasablanka periode 6–12 Juni 2022.

"Alasan kita mengontrol empat penyakit itu seperti tekanan darah, gula darah, asam urat, dan kolesterol karena sesuai data klaim BPJS Kesehatan empat penyakit itu kerap dikeluhkan masyarakat."

"Penyakit tersebut juga menjadi silent killer yang berbahaya jika tidak dideteksi sejak dini." kata Lia Stephiningrum, Head of Marketing Guardian Indonesia.

Selain melakukan cek kesehatan gratis, masyarakat juga dapat melakukan tes kesehatan organ tubuh (Quantum), juga berkonsultasi bersama dokter dan psikolog.

Ada pula demo alat cek gula darah sebagai edukasi bahwa cek gula darah juga mudah dilakukan sendiri di rumah, terlebih lagi Accu-Chek memberikan diskon sampai dengan 70 persen untuk alat tes kesehatan di rumah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/07/155212220/cek-kesehatan-gratis-terbanyak-guardian-indonesia-cetak-rekor-muri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke