Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berniat Turunkan Berat Badan di Tahun 2023, Hindari Makanan Berikut

KOMPAS.com - Berat badan bukan hanya ditentukan dari satu jenis makanan atau minuman. Pola tidur dan intensitas olahraga juga berpengaruh.

Meski demikian, para peneliti melihat ada beberapa makanan dan minuman yang secara konsisten dikaitkan dengan penambahan berat badan.

Makanan yang dimaksud merupakan makanan ultra proses, cepat dicerna karena minim serat dan protein, dan tinggi kalori.

Efek samping mengonsumsi makanan tinggi kalori tidak hanya meningkatkan risiko kenaikan berat badan, menurut studi terbaru yang dimuat dalam JAMA Neurology.

Pada studi yang meneliti lebih dari 10.000 orang dewasa itu, ditemukan peserta yang makan kalori 20 persen --atau melebihi rekomendasi harian-- yang berasal dari makanan ultra proses memiliki peningkatan risiko penurunan kognitif.

Dilansir laman Eat This, Not That!, inilah lima makanan yang harus dihindari untuk menurunkan berat badan di tahun 2023.

1. Daging olahan

Satu studi dalam jurnal BMC Research Notes menyimpulkan, asupan daging olahan berhubungan langsung dengan peningkatan lemak perut dan obesitas sentral.

Obesitas sentral didefinisikan sebagai indeks massa tubuh (BMI) yang lebih dari 30 kilogram/meter persegi. serta ukuran lingkar pinggang sekitar 101 sentimeter (pria) dan 87 sentimeter (wanita).

Peserta yang melaporkan makan daging olahan paling banyak mengalami peningkatan risiko obesitas sentral sebesar 22 persen.

Hasil itu dibandingkan dengan peserta yang makan daging olahan paling sedikit.

2. Produk kentang olahan

Dalam studi tersebut, terungkap kentang goreng dan produk kentang olahan lainnya sangat berhubungan dengan penambahan berat badan.

Studi lain yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, individu yang melaporkan makan kentang goreng dan keripik kentang berisiko lebih tinggi terkena diabetes, penyakit penyerta lainnya, bahkan kematian dini.

Temuan tersebut dibandingkan dengan peserta yang melaporkan makan lebih sedikit makanan berbasis kentang dan produk kentang goreng.

Kentang goreng dan keripik kentang mengandung lebih banyak kalori per porsi daripada kebanyakan makanan lainnya.

Di sisi lain, para peneliti mengidentifikasi bahwa makanan kaya nutrisi yang lebih alami dikaitkan dengan kenaikan berat badan yang lebih sedikit.

Makanan ini termasuk buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan yogurt.

3. Donat

Makanan yang dikonsumsi saat sarapan membantu mengatur nafsu makan dan hormon lapar sepanjang hari.

Jika kita minum kopi ditemani donat di waktu sarapan, itu dapat memicu keinginan untuk mengonsumsi karbohidrat olahan lainnya dan makanan berkalori tinggi hingga sore hari.

Di sisi lain, sarapan berbasis protein dapat menjaga rasa lapar dan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, mengatasi rasa lapar, serta membangun dan memertahankan massa otot yang membantu menghilangkan lemak perut.

Telur, yogurt rendah lemak, dan keju cottage adalah menu sarapan berprotein tinggi yang bagus untuk menggantikan donat.

Satu studi dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, ketika wanita meningkatkan asupan protein harian dari 15 persen menjadi 30 persen dari kalori harian mereka, itu menyebabkan penurunan berat badan yang lebih berkelanjutan.

4. Es krim

Studi menunjukkan, es krim akan mengaktifkan area perasaan baik di otak, menjadikan es krim makanan yang bisa memberikan perasaan menenangkan.

Ditambah lagi, sering makan es krim membuat kita mendambakan lebih banyak untuk mendapatkan tingkat kepuasan yang sama.

Kombinasi gula dan lemak dalam es krim inilah yang membuat es krim begitu nikmat dan sangat diidamkan.

5. Minuman manis

Minuman berpemanis tidak lebih dari air gula beraroma yang tidak memberikan rasa kenyang. Sebab, kalori akan cepat diserap dan dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan insulin.

Berdasarkan studi dalam American Journal of Clinical Nutrition, diketahui setiap peningkatan minuman manis per porsi berdampak pada peningkatan berat badan orang dewasa sekitar 0,22 kilogram selama periode satu tahun.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/01/110940520/berniat-turunkan-berat-badan-di-tahun-2023-hindari-makanan-berikut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke