Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Minuman yang Bisa Gagalkan Diet Setelah Usia 40 Tahun

Maka dari itu, sangat penting untuk mengadopsi kebiasaan-kebiasaan yang lebih sehat seperti berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, dan menjaga pola makan dengan baik.

Selain itu, menghindari kebiasaan buruk seperti mengonsumsi minuman berpemanis juga dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal dan sehat.

Lebih lanjut, para ahli pun membagikan sejumlah daftar minuman yang perlu dihindari untuk melancarkan proses penurunan berat badan setelah berusia 40 tahun, seperti berikut ini.

1. Kopi dengan krimer yang berlebihan

Tidak ada salahnya menambahkan krimer yang lezat ke dalam secangkir kopi.

Namun, ahli diet Sarah Williams, MS, RD, memperingatkan bahwa krimer dapat dengan cepat menambah kalori.

"Krimer kopi dapat menjadi sumber tersembunyi dari kelebihan kalori dan saya memiliki klien yang mendapati bahwa mereka mendapatkan lebih dari 200 kalori setiap hari dari krimer kopi tanpa menyadarinya," kata Williams.

"Jadi, sebagai gantinya, saya sarankan untuk menambahkan satu sendok makan half and half krimer (yang memiliki sekitar 20 kalori) dan menggunakan stevia sebagai pemanis," saran dia.

2. Minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah sedang biasanya tidak masalah bagi kesehatan.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum red wine dalam jumlah sedang (satu gelas per hari) dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan jantung.

Dan banyak daerah "Blue Zone" di seluruh dunia, daerah di mana rata-rata umurnya lebih panjang, ikut serta dalam minum wine setiap hari.

Kendati demikian, ahli diet dan pemilik The Dietitian Momma, Lindsey DeSoto, RDN, LD, memperingatkan untuk tidak melewati batas "jumlah moderat" yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

"Segelas anggur atau bir dapat mengandung sekitar 160 kalori. Ini dapat dengan mudah menyebabkan kita mengonsumsi beberapa ratus kalori ekstra dan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan," terang DeSoto.

"Pilihan rendah kalori pun dapat mempengaruhi komposisi tubuh karena saat kita mengonsumsi alkohol, tubuh akan menggunakannya sebagai sumber energi sebelum lemak atau karbohidrat."

"Ini bisa mengarah pada penyimpanan lipid dan glukosa yang berlebihan, yang pada akhirnya akan disimpan sebagai lemak ekstra," jelas dia.

3. Minuman dengan gula berlebih

Minuman dengan jumlah gula yang berlebih adalah cara tercepat untuk menggagalkan diet kita.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Circulation menemukan bahwa minuman yang dimaniskan dengan gula (seperti soft drink dan jus kemasan) secara langsung berkaitan dengan kelebihan lemak di sekitar perut.

"Minuman dengan gula berlebih juga menyebabkan lonjakan gula darah dan dapat menyebabkan rasa lapar yang tidak perlu," kata ahli diet dan seorang penulis di Fit Healthy Momma, Morgyn Clair, MS, RDN.

"Dan beberapa pilihan terburuknya adalah minuman seperti koktail yang dibuat dengan sirup kental dan air bersoda," ujar dia.

4. Soda diet

Beberapa orang mungkin tergoda beralih ke soda diet guna menghindari tambahan gula.

Tetapi, sayangnya, penelitian menunjukkan bahwa ini kemungkinan besar tidak akan membantu tujuan penurunan berat badan kita.

"Meskipun tidak mengandung kalori dan gula, konsumsi minuman diet secara berlebihan dapat mencegah kita memiliki tubuh yang ramping, karena pemanis buatan yang ditemukan dalam minuman diet dapat menyebabkan ketagihan makanan dan asupan kalori yang berlebih," ungkap DeSoto.

"Sebuah penelitian juga menemukan bahwa minuman diet yang dibuat dengan pemanis buatan sukrosa dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan dan keinginan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi pada orang yang mengalami obesitas," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/13/181707120/4-minuman-yang-bisa-gagalkan-diet-setelah-usia-40-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke