Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Superfood yang Bisa Memperlambat Penuaan Setelah Usia 40

Dan ini bisa menjadi pengalaman yang membuat frustasi, terutama karena penuaan dapat menjadi faktor risiko untuk berbagai macam penyakit.

Untungnya, ada beberapa makanan super atau superfood yang dapat kita konsumsi secara teratur untuk membantu memperlambat proses ini.

Menurut Cleveland Clinic, tidak ada cara yang jelas untuk menentukan apa yang termasuk sebagai superfood dan apa yang tidak.

Tetapi, pada dasarnya superfood merupakan makanan yang menyediakan banyak nutrisi berbeda dan tetap rendah kalori.

Meskipun superfood bagus untuk dimasukkan ke dalam pola kita sehari-hari, namun ada beberapa pilihan khusus yang mengandung nutrisi yang berkaitan dengan memperlambat proses penuaan, terutama setelah usia 40 tahun.

Sebab, usia 40-an adalah waktu yang tepat untuk mulai membangun kebiasaan sehat agar kita bisa membawa perubahan ini ke usia lanjut.

Selain itu, tubuh juga mulai mengalami perubahan spesifik pada usia 40-an, seperti kehilangan massa otot, perubahan hormon yang berkaitan dengan menopause, serta pergeseran tinggi badan yang berkaitan dengan perubahan tulang dan otot.

"Beberapa kebutuhan nutrisi kita dapat berubah seiring bertambahnya usia, jadi memasukkan beberapa superfood tertentu ke dalam menu makanan bisa membantu orang menjalani hidup sehat seiring bertambahnya usia," terang ahli gizi, Lauren Manaker, MS, RDN.

Superfood yang bisa memperlambat penuaan

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa superfood yang direkomendasikan oleh ahli gizi untuk memperlambat penuaan setelah usia 40 tahun, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Salmon

Superfood yang luar biasa untuk membantu memperlambat proses penuaan adalah salmon, serta banyak jenis ikan berlemak lainnya.

"Salmon adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik, nutrisi yang penting untuk mempertahankan massa otot, dan sangat penting bagi orang dewasa yang lebih tua," ungkap ahli gizi, Lisa Young, PhD, RDN.

"Salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung," lanjut dia.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan di Neurology menemukan bahwa mereka yang berusia 40-an dan 50-an yang sel darah merahnya mengandung kadar omega-3 yang lebih tinggi memiliki fungsi kognitif dan struktur otak yang lebih baik secara keseluruhan.

2. Cranberry

Jika kita adalah penggemar cranberry, atau jus cranberry, maka kita cukup beruntung karena superfood ini terbukti dapat membantu memperlambat penuaan.

Menurut Manaker, cranberry mengandung senyawa tanaman yang dapat membantu memperlambat proses penuaan, terutama ketika berfokus pada penuaan kognitif.

"Data menunjukkan bahwa mengonsumsi satu cangkir kecil cranberry setiap hari selama tiga bulan dapat meningkatkan kinerja memori dan fungsi saraf," jelasnya.

"Selain manfaat yang berhubungan dengan kognitif, cranberry juga merupakan sumber vitamin C, nutrisi yang dapat membantu memerangi efek radikal bebas pada kulit yang menua," tambah dia.

3. Tomat

Young mengungkapkan bahwa tomat adalah superfood yang penting untuk membantu memperlambat penuaan.

"Makanan berwarna merah tertentu, seperti tomat, mengandung antioksidan likopen, yang melawan radikal bebas yang datang seiring dengan penuaan," katanya.

Likopen, yang merupakan senyawa tanaman yang juga ditemukan dalam semangka dan grapefruit, dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan.

Asupan likopen yang tinggi juga telah terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung, membantu menurunkan risiko stroke, serta membantu mengurangi risiko kanker prostat pada pria.

Dan, selain semua manfaat melawan penyakit yang berkaitan dengan usia ini, likopen diketahui dapat membantu mengurangi kerusakan kulit.

4. Stroberi

"Stroberi adalah sumber vitamin C dan senyawa tanaman," ujar Manaker.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease, mendapatkan vitamin C yang cukup dapat membantu melindungi kita dari penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

Bahkan, penelitian tersebut memastikan bahwa mengonsumsi makanan yang seimbang dan mendapatkan vitamin C melalui makanan bisa lebih efektif daripada suplemen.

"Beberapa data menunjukkan secara spesifik bahwa mengonsumsi buah beri lebih dari dua kali seminggu dapat menunda penuaan kognitif hingga 2,5 tahun," kata Manaker.

Young pun menambahkan, buah beri juga dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit jantung maupun kanker.

5. Sayuran hijau

"Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam kaya akan vitamin E dan K. Itu dapat mencegah kehilangan memori dan membantu mengurangi penuaan otak," tutur Young.

Penelitian juga mendukung hal ini.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of Neurology, disimpulkan bahwa mengonsumsi satu porsi sayuran hijau setiap hari dikaitkan dengan penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

Manfaat sayuran hijau juga tidak berhenti sampai di situ.

"Sayuran hijau ini mengandung karotenoid yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif," kata Young.

"Dan bayam secara khusus juga kaya akan antioksidan vitamin A dan C yang dapat membantu melindungi jantung," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/18/180000220/5-superfood-yang-bisa-memperlambat-penuaan-setelah-usia-40

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke