Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Tips dari Pakar Hubungan untuk Meredakan Rasa Sakit Diselingkuhi

Kita mungkin merasa marah, sedih, malu dan sekaligus bertanya-tanya alasan orang terkasih melakukan pengkhianatan.

Kadang kala, perasaan tersebut bisa membuat kita begitu kewalahan dan menguras tenaga secara fisik maupun mental.

Pengalaman buruk ini tentunya tidak mudah untuk dilalui namun bukannya mustahil untuk diredakan.

Meredakan rasa sakit diselingkuhi dengan cara sehat

Tidak ada kata yang tepat untuk menggambarkan sakitnya saat pasangan selingkuh karena pengalaman setiap orang bisa sangat personal.

"Sangat penting untuk menyadari bahwa perasaan bisa datang dan pergi, dan Anda akan melalui tahap yang berbeda. Beberapa mungkin merasa sangat kontradiktif, misalnya, lega itu berakhir bersamaan dengan kemarahan dan frustrasi atas perlakuan Anda," kata Kate Moyle, pakar seks dan hubngan.

Ia mengingatkan agar kita mampu memberikan ruang untuk perasaan sendiri termasuk memprioritaskan kasih sayang dan penerimaan diri.

"Anda tidak boleh terlalu keras pada diri sendiri  karena seringkali kita adalah kritikus terburuk bagi diri kita sendiri."

Kate menguraikan, ada tujuh tahapan duka yang bisa dialami orang yang diselingkuhi yakni:

"Anda akan berpikir tentang waktu yang Anda habiskan bersama, hal-hal yang telah Anda lakukan, pengalaman yang Anda bagikan satu sama lain, dan sebagainya. Anda mungkin akan mulai mempertanyakan tindakan Anda sendiri dan merasa sangat sedih—ini normal. Anda akan pergi melalui kesedihan," tambahnya.

Berikut sejumlah langkah yang disarankan untuk meredakan sakitnya hati yang diselingkuhi

Atasi kesedihan kita

"Cobalah untuk mengatur perasaan saat hal negatif itu muncul. Jangan berasumsi bahwa semua pasangan  di masa depan akan sama," kata Kate.

Sering kali, kita membawa pengalaman atau bobot dari hubungan dan pengalaman sebelumnya dengan cara yang negatif.

Membicarakannya

"Jangan menyimpan semuanya. Bicaralah dengan teman atau anggota keluarga tepercaya, atau jika Anda merasa perlu juga, temui konselor atau terapis," ujar Kate.

Cara ini membuat kita memiliki ruang untuk fokus pada diri dan pengalaman pribadi sekaligus mencoba memahami apa yang telah terjadi.

Seimbangkan kembali hal-hal positif dan negatif

Cobalah menyeimbangkan pikiran pada aspek positif dan negatif dari mantan pasangan dan hubungan kita.

"Tanyakan pada diri sendiri, 'Apakah benar-benar seperti yang saya pikirkan sekarang? Apakah saya melebih-lebihkan yang positif dan mengabaikan yang negatif? Apa yang tidak saya sukai dari hubungan itu? Apa yang memicu saya?' Dan seterusnya," kata Paglia.

Terima lukanya

Pengalaman diselingkuhi memang sangat menyakitkan namun luka tersebut tidak akan bertahan selamanya.

"Cobalah untuk tidak menganggap perilaku mantan pasangan Anda sebagai segala sesuatu tentang Anda. Perselingkuhan dapat benar-benar menjatuhkan kepercayaan diri dan kepercayaan diri seseorang, tetapi itu lebih banyak berbicara tentang perilaku mereka daripada perilaku Anda," kata Kate.

Lihat gambaran yang lebih besar

"Untuk membantu Anda menyeimbangkan pemikiran Anda, Anda mungkin perlu menuliskan daftar, katakanlah, lima kenangan indah dan lima kenangan buruk dari hubungan tersebut," pesan Martina.

Hal ini membantu kita memahami kondisinya termasuk soal perasaan kita, apa yang diinginkan dari pasangan dan pelajaran yang bisa dipetik.

"Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mencintai Anda. Habiskan waktu bersama orang yang Anda cintai, yang Anda kenal cintai dan terima Anda apa adanya. Biarkan mereka meningkatkan suasana hati Anda, dan dengarkan mereka," tukas Martina.

Utamakan perawatan diri

Perasaan sedih yang mendalam membuat kita sering kali tidak merawat diri sendiri.

Namun cobalah lakukan sesuatu untuk diri sendiri seperti pergi ke salon, makan enak, berbelanja atau kesenangan lainnya.

"Utamakan diri Anda dan fokuslah pada aktivitas yang menyenangkan. Gunakan kembali waktu ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan diri Anda," kata Kate.

"Sesuatu yang ingin Anda lakukan, hanya untuk Anda."

Keluar rumah

Jalan-jalan keluar rumah terbukti meningkatkan kesehatan mental.

"Bahkan jika hanya berjalan kaki singkat, itu hanya akan memberi Anda kesempatan untuk mengubah konteks Anda untuk hari itu," terang Kate.

Peningkatan asupan oksigen juga bisa membuat kita lebih berenergi.

Lakukan hal yang menyenangkan dan membuat kita bahagia namun jangan terlalu memaksakan diri.

Berkomunikasi

Jangan langsung menarik diri karena pasangan selingkuh.

Sebaliknya, jadikan ini momen untuk awal yang baru termasuk mencari pasangan atau kenalan berbeda.

Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Setiap hubungan, dan setiap perpisahan, berbeda.

"Anda tidak memberi diri Anda kesempatan yang adil untuk fokus pada seberapa baik Anda melakukannya jika Anda berfokus pada apa yang dilakukan orang lain. Garis waktu setiap orang berbeda," urai Kate.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/11/200000620/11-tips-dari-pakar-hubungan-untuk-meredakan-rasa-sakit-diselingkuhi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke