Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cuma 5 Menit, Lakukan 5 Kebiasaan Ini demi Hidup Sehat dan Bahagia

KOMPAS.com - Kesibukan dan rutinitas sehari-hari tak jarang membuat kita terlupa untuk memerhatikan kebutuhan diri. 

Padahal hanya butuh waktu lima menit untuk melakukan sejumlah kebiasaan sehat berikut, hidup akan lebih bugar dan bahagia.

Kebiasaan apa sajakah itu? Coba simak beberapa ulasannya sebagai berikut.

Lima kebiasaan yang bikin lebih sehat dan bahagia

Saat menikmati waktu santai, seberapa sering kita membuka-buka smartphone atau berselancar di media sosial setiap harinya?

Mungkin lima menit, 10 menit atau bahkan lebih dari 30 menit? Ketahuilah bahwa kebiasaan yang seperti itu bisa merugikan diri sendiri.

Selain banyak waktu yang terbuang, tubuh juga tidak bergerak aktif yang bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental kita.

Padahal kebiasaan yang membuat tubuh kurang aktif itu bisa kita alihkan dengan menjalani kebiasaan sehat yang cuma butuh waktu lima menit untuk dilakukan.

Bahkan seperti dilansid dari laman CNN, manfaat menjalani kebiasaan sehat ini bisa menjaga kesehatan fisik dan mental kita.

Seperti apa aktivitas simpelnya? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Fokus pada pernapasan

Melatih fokus hanya lima menit untuk memerhatikan napas kita bisa berdampak luar biasa pada kesehatan fisik dan mental.

Coba ambil waktu istirahat lima menit dan luangkan waktu tersebut untuk menarik napas panjang dari hidung, kemudian hembuskan.

Dalam waktu 90 detik pertama, pernapasan yang kita lakukan dapat merangsang respons relaksasi dan fisiologis yang bisa menghambat produksi hormon penyebab stres.

Kemudian studi juga menunjukkan bahwa melatif fokus pernapasan dalam juga dapat membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah.

Selain itu, Dana Santas, seorang pelatih kebugaran profesional sekaligus penulis buku "Practical Solutions for Back Pain Relief" menyebutkan kalau fokus pada pernapasan bisa membantu memperbaiki postur dan mengurangi rasa sakit.

2. Bergerak aktif

Kurangnya aktivitas fisik tidak hanya bisa merusak kesehatan fisik, tetapi juga mental.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kebiasaan kurang aktivitas fisik seperti duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko kematian dini hingga depresi.

Maka dari itu, membuat tubuh bergerak aktif setidaknya selama lima menit bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan mental.

"Bagaimana cara kita menggerakkan tubuh bisa disesuaikan. Mungkin bisa melatih yoga simpel lima menit, latihan angkat beban, atau cara kreatif lainnya seperti menari sambil mendengarkan lagu favorit," ujar dia.

3. Ngobrol bareng teman

Sesibuk apapun kita, coba melatih diri untuk selalu terhubung dan berkomunikasi dengan teman.

Jika kita tidak dapat bertemu langsung, maka video call dengan teman atau orang tersayang dapat dipertimbangkan.

Lakukan kebiasaan ini setiap hari setidaknya selama lima menit saja, hal itu bisa membuat kita tetap bersosialisasi untuk mengurangi perasaan kesepian yang bisa mencegah penurunan fungsi kognitif, menurunkan risiko depresi, serangan jantung, stroke dan kematian dini.

Jika kebetulan kita adalah orang yang tidak punya banyak kenalan untuk diajak ngobrol, maka lakukanlah percakapan dengan orang lain sebisanya.

"Misalnya kita lagi belanja, lalu coba berbicara dengan kasir di toko, tanyakan bagaimana hari mereka, tanggapi pembicaraan, berinteraksi dengan tulus," tambah Dana.

4. Ngemil sehat

Meluangkan waktu untuk diri sendiri misalnya menonton acara TV favorit sembari ditemani camilan sehat sepertinya bisa menjadi cara seru mendapatkan tubuh yang bugar dan mental yang sehat.

Coba meluangkan waktu lima menit untuk mempersiapkan camilan sehat seperti buah atau snack dari sayuran segar untuk dinikmati sembari me time.

5. Jalan kaki

Penelitian telah menunjukkan bahwa 10.000 langkah sehari bisa mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, hingga kematian dini.

Tetapi penelitian yang lebih baru menemukan bahwa berjalan kaki sebanyak apapun kita mampu dapat memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. 

Secara garis besar, aktivitas jalan kaki yang kita lakukan itu membuat tubuh kita bergerak aktif.

Jadi, kata Dana, hanya berjalan kaki selama lima menit saja di lingkungan rumah atau di lingkungan kantor bisa memberikan manfaat kesehatan fisik dan mental yang serupa.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/22/090000920/cuma-5-menit-lakukan-5-kebiasaan-ini-demi-hidup-sehat-dan-bahagia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke