Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanaman Hias Berukuran Kecil, Cocok untuk Ruangan Sempit

Namun, bagi orang-orang yang memiliki rumah dengan ruangan sempit, maka memelihara tanaman hias yang lebih kecil bisa menjadi solusi.

Selain lebih terjangkau, tanaman hias berukuran kecil juga tidak memakan banyak tempat dan biasanya lebih mudah dirawat daripada varietas tanaman yang lebih besar.

"Sebagai perbandingan, tanaman yang lebih besar akan membutuhkan repotting yang lebih sering seiring pertumbuhannya dan akan membutuhkan lebih banyak perawatan untuk tumbuh dengan baik. Harganya juga bisa lebih mahal."

Demikian penuturan Tom Knight, pemilik situs website berkebun dalam ruangan OurHousePlants.com.

"Kita tidak akan salah memilih tanaman hias kecil, terutama jika kita baru memulai dengan tanaman dalam ruangan (indoor plants)," terangnya.

Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli tanaman hias, simak beberapa rekomendasi tanaman hias berukuran kecil yang cocok untuk ruangan sempit, sebagaimana dilansir dari laman Best Life berikut ini.

1. Air plant

Jika kita ingin memulai dengan tanaman hias yang tidak memerlukan banyak perawatan, tidak ada salahnya mencoba air plant atau tanaman udara.

"Tanaman unik yang mirip alien ini sangat lucu, praktis, dan tidak memakan tempat," kata Bryan Clayton, penggemar taman dan salah satu pendiri GreenPal.

"Bahkan, kita bisa meletakkannya di mana saja, tanpa perlu menggunakan tanah," ujar dia.

Menurut Knight, yang dibutuhkan tanaman mungil ini untuk tumbuh subur hanyalah sumber cahaya, serta mandi singkat di bawah keran setiap beberapa minggu.

"Pertumbuhannya relatif lambat dan tetap ringkas dengan berbagai macam bentuk dan ukuran yang cocok untuk sebagian besar lingkungan," tambah Mo Bhula, spesialis tanaman di The Botanical Archive.

"Padukan ini dengan beberapa keramik keren dan kita akan mendapatkan tampilan hijau yang tahan lama dan mudah dirawat," saran dia.

2. African violet

African violet adalah tanaman hias lain yang tidak akan membuat kita kewalahan dalam hal ukuran atau perawatan.

"African violet adalah tanaman hias yang indah dan mungil, yang dapat berbunga selama enam bulan atau lebih setiap tahun," kata Knight.

"Tanaman yang kita lihat di toko biasanya berukuran besar. Alih-alih menghasilkan banyak dedaunan, tanaman ini secara teratur memunculkan bunga-bunga kecil berwarna cerah yang terlihat bagus di lingkungan apa pun," jelas dia.

Tanaman ini hadir dalam berbagai warna, termasuk ungu, merah muda, dan putih, dengan tinggi 25 cm dan lebar 30 cm.

"Sedikit cahaya, sedikit air setiap minggu, dan percikan pakan tanaman serbaguna setiap dua bulan sekali adalah yang dibutuhkan tanaman ini untuk tumbuh subur," ungkap Knight.

3. Chinese money plant

Chinese money plant yang secara resmi dikenal sebagai Pilea peperomioides juga memiliki ukuran yang akan selalu kecil.

Tetapi, apa yang mungkin kurang dari segi ukurannya dapat ditebus dengan gaya.

"Ini adalah pohon miniatur yang menggemaskan," kata Clayton.

"Tetap kecil, terutama jika disimpan dalam pot yang lebih kecil, dan bonusnya, ini adalah tanaman sukulen yang mudah dirawat," terangnya.

Dan bekat penampilannya yang unik, tanaman hias ini sering dijuluki sebagai tanaman UFO.

4. Zebra cactus

Tanaman sukulen lain yang masuk dalam daftar adalah zebra cactus.

Seperti namanya, kita akan mengenali tanaman mini ini berkat daunnya yang bergaris-garis putih.

"Haworthia atau 'zebra cactus', adalah sukulen yang lucu dengan tampilan arsitektur yang menarik dan terlihat bagus dalam wadah yang tidak biasa," kata Knight.

"Tanaman ini mungkin tumbuh hanya beberapa cm dalam setahun."

"Siramlah setiap beberapa minggu sekali, atau setiap kali tanahnya mengering dan berikan zebra cactus cahaya yang cukup terang di rumah," saran dia.

5. Begonia

Jika kita lebih menyukai bunga tapi tidak menyukai African violet, pertimbangkan untuk memilih begonia klasik.

Menurut Clemson Cooperative Extension Home & Garden Information Center, bunga ini termasuk dalam kategori "kecil", dengan ukuran mulai dari 20 cm hingga 60 cm tetapi masih bisa dirawat.

"Varietas begonia tertentu, seperti rex begonia, memiliki warna dan pola daun yang spektakuler," kata Bhula.

"Tanaman ini juga lebih menyukai kelembapan yang lebih tinggi, sehingga bisa menjadi pilihan yang baik untuk dapur atau kamar mandi," ujar dia.

6. Baby toes

Meskipun namanya agak aneh, namun nama ini tentu saja akurat, karena jari baby toes atau jari kaki bayi akan tetap mungil (dan menggemaskan).

"Sukulen ini memiliki daun berbentuk tabung yang tidak biasa seperti jari kaki dengan ujung yang tembus pandang," terang ahli tanaman hias, Vladan Nikolic.

"Bunga ini memiliki warna putih atau kuning yang indah dengan banyak kelopak. Tidak rewel dalam hal perawatan dan sangat mudah disiram seperti sukulen lainnya," jelas dia.

7. Lithops

Tanaman mungil lainnya yang sangat disukai adalah lithops, alias "batu hidup" atau living stones.

Menurut Nikolic, lithops adalah salah satu sukulen yang paling unik dan hanya tumbuh setinggi 2 cm hingga 3 cm.

"Tetap kecil dan rendah ke tanah membantu meminimalkan efek panas yang hebat di habitat aslinya," kata Nikolic.

"Ada banyak jenis lithops yang ada, dengan berbagai macam warna.

"Tanaman ini juga memiliki bunga yang indah seperti bunga aster dan karena perawatannya yang mudah, lithops adalah pilihan yang bagus untuk pemula," jelasnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/06/20/174453720/7-tanaman-hias-berukuran-kecil-cocok-untuk-ruangan-sempit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke